Menderita Kanker Payudara Stadium 4, Shanen Doherty: Aku Nggak Sekarat!

shannen-doherty-breast-cancer-kanker-payudara
Foto: Getty Images

Aktris Amerika, Shannen Doherty buka-bukaan soal kanker payudara stadium empat yang dideritanya. Perempuan 50 tahun itu merasa kuat, sehat dan percaya diri. Bahkan Shannen ingin mengubah persepsi tentang kanker stadium empat yang selama ini selalu jadi momok di masyarakat. Shannen sudah ‘berdamai’ dengan kanker dan berusaha hidup berdampingan dengannya.

Berbicara dalam konferensi pers virtual untuk film List of Lifetime, Shannen Doherty mengatakan bahwa orang yang menderita kanker stadium empat tidak selamanya terlihat sakit. Mereka juga masih bisa aktif dan melakukan kegiatan sehari-hari layaknya orang yang sehat. 

“Aku merasa punya tanggung jawab untuk kehidupan publik yang selalu aku pisahkan dengan kehidupan profesionalku. Aku ingin mengedukasi masyarakat dan memberitahu mereka bahwa orang-orang yang menderita kanker stadium empat itu bisa sangat sehat dan aktif. Aku nggak sekarat,” ujarnya, Selasa (14/9). 

Bahkan, suami Shannen, Kurt Iswarienko selalu mengagumi perjuangan sang istri. Shannen tidak pernah mengeluh meski harus menjalni serangkaian kemoterapi. 

“Suamiku mengatakan kalau orang-orang mungkin tak pernah tahu kalau aku menderita kanker. Aku tak pernah mengeluh. Aku juga tak pernah membicarakan itu,” lanjut pemain film Striking Poses itu. 

shannen-doherty-menderita-kanker-payudara-stadium-4
Shannen Doherty. Foto: Vivvien Killiea/Getty Images

Baca juga: Fakta Mengerikan di Balik Penyakit Kanker yang Diderita Ari lasso. Ganas dan Langka!

Bukan hanya memberikan pesan secara langsung, Shannen juga ingin mengedukasi masyarakat tentang kanker payudara lewat film terbarunya, List of Lifetime. Ini adalah film pertama Shannen sejak ia mengumumkan kembali menderita kanker payudara awal tahun 2020. 

Tahun 2015, Shannen pertama kali didiagnosa menderita kanker payudara. Tahun 2017, ia membawa kabar bahagia bahwa dirinya sudah terbebas dari kanker. Namun perempuan kelahiran 12 April 1971 itu mengumumkan bahwa ia kembali menderita kanker di tahun 2020.

Kini Shannen hanya berfokus untuk menikmati hidupnya. Bahkan ia yakin bahwa dirinya bakal menjadi penderita kanker dengan umur terpanjang. 

“Aku tak punya keinginan terakhir karena aku akan menjadi penderita kanker dengan umur terpanjang. Jika memang aku punya daftar keinginan, maka aku bisa mengatakan aku ingin hidup. Itu saja yang kuinginan saat ini,” ucap mantan istri Ashley Hamilton itu. 

shannen doherty kanker
Shannen dan suaminya, Kurt. Foto: Dok. Instagram Shannen Doherty

Sejak menderita kanker, Shannen memang vokal memberikan edukasi tentang penyakit tersebut kepada masyarakat. Ia tak ingin para penderita kanker semakin tertekan secara mental. Sehingga ia selalu meyakinkan, bahwa para penderita bisa menjalani kehidupan layaknya orang yang sehat. 

“Aku tak ingin orang-orang yang menderita kanker stadium empat berpikir bahwa dunia itu abu-abu, penuh kesedihan, bahwa mereka tak bisa bergerak maju dan mereka akan terpenjara di rumah sakit, tak bisa bekerja atau pun sekarat. Pemikiran seperti itu lah yang membuat kondisi kita dihapus dengan cepat. Meski sebenarnya kalian masih sangat sehat, bahagia dan tak sabar untuk pergi bekerja,” ujar Shannen seperti dilansir dari Entertainment Weekly. 

“Aku mungkin akan hidup jauh lebih lama daripada orang-orang yang sehat. Tak ada yang tahu, bukan?” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here