Selain Vicki Zhao, 4 Artis ini Juga Terancam ’Hilang’ di China

Vicki Zhao

Vicki Zhao atau Zhao Wei adalah salah seorang aktris paling terkenal di China. Namanya melejit sejak membintangi serial My Fair Princess atau Putri Huan Zhu pada 1999 lalu. Sejak itu, karir Vicki makin berkilau. Dia bahkan terjun ke dunia tarik suara, membintangi beberapa film dan menjadi sutradara.

Bersama sang suami, Vicki juga merambah ke dunia bisnis. Dia termasuk salah satu pemilik saham dari Alibaba Pictures Group, perusahaan milik milyuner Jack Ma.

Namun namanya jadi kontroversi sejak Global Times, media yang dikendalikan Partai Komunis China, menuliskan bahwa Vicki adalah investor yang banyak mendapat gugatan secara hukum. Vicki sering mangkir dari pajak. Buktinya pada akhir Agustus lalu, Otoritas Pajak Shanghai mendendanya sebesar 299 juta yuan (sekitar Rp 650 miliar) karena ia tak melaporkan pajak penghasilannya sejak 2019 hingga 2020.

Global Times juga measukkan Vicki dalam daftar selebriti China yang penampilannya disorot pemerintah. Selain dianggap berlebihan, Vicki juga pernah ketahuan memakai pakaian yang bernada keperpihakan kepada Jepang.  ”Tahun 2001, Zhao dikritik karena memakai pakaian yang menampakkan bendera Jepang,” sebut Global Times. Seperti diketahui, warna China masih sangat sakit hati dengan penjajahan Jepang di masa lalu.

Kris Wu

vicki zhao
Kris Wu

|Baca Juga: Kena Pasal Perkosaan, Kris Wu Terancam Hukuman Mati

Selain Vicki, ada artis China lain yang jejaknya perlahan dihapus oleh pemerintah. Adalah Kris Wu, rapper dan aktor yang belakangan menghebohkan publik dengan kasus pelecehan seksual dan pemerkosaaan anak di bawah umur. Akun Weibo beserta konten lain mantan member EXO di sejumlah platform pun sudah tidak ada.

Zhang Zhehan

vicki zhao
Zhang Zhehan

Zhang Zhehan juga sudah sulit ditemui di sejumlah platform online. Sebenarnya masalah aktor tampan ini tidak separah yang lain. Beberapa waktu lalu, ia kedapatan berkunjung dan berfoto di Kuil Yasukuni di Jepang yang memang memiliki sejarah kelam untuk China.

Pemain World of Honor itu dianggap melukai perasaan orang China juga karena menghadiri pernikahan di Kuil Nogi dan berfoto dengan Dewi Seokarno yang dianggap kontroversial di Tiongkok. Dilaporkan bahwa pria 30 tahun itu dipaksa untuk mundur dari dunia hiburan.

Fan Bingbing

Vicki Zhao
Fan Bingbing

Selain ketiga artis itu belum diketahui lagi tokoh-tokoh terkenal yang namanya dihapus pemerintah China. Namun Fan Bing Bing dikatakan masuk dalam dalam daftar targetnya. Wanita yang pernah menjadi artis Tiongkok berbayaran tertinggi ini sempat menghilang karena masalah penunggakan pajak hingga $123 juta atau sekitar Rp 1,7 triliunan. Berdasarkan laporkan media lokal, Bingbing sudah membayarnya dalam waktu dua hari saja.

Zheng Shuang

Vicki Zhao
Zheng Shuang

Setelah ramai berita Vicki Zhao dihapus dari internet, artis ini diprediksi akan jadi target selanjutnya. Zheng Shuang jadi perbincangan sejak awal tahun setelah disebut telah menelantarkan anak-anak yang telah direncanakannya bersama mantan kekasih. Dilaporkan jika wanita tersebut bahkan sempat meminta ibu pengganti di Amerika untuk mengaborsi bayi-bayi yang sedang dikandung. Tak lama kemudian, aktris itu juga terlibat kontroversi lain yakni tuduhan penggelapan pajak. *bbs/amy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here