Desainer Nina Nugroho Berdayakan Wanita di PWW

desainer-nina-nugroho
Foto: Istimewa

Desainer busana muslimah Nina Septian Nugroho melalui Profesional Women Week (PWW) ingin makin berdayakan peran wanita. Sebenarnya wanita itu multitasking, namun sering kali tidak menyadarinya.

Event yang digelar secara hybrid, online dan offline pada 20-24 September itu disajikan dalam format yang bersahabat dengan teman tuli dan sahabat disabilitas. “Kami percaya, wanita Indonesia adalah individu yang berdaya dalam apapun peran yang dimainkannya. Keberdayaan itu yang jadi pondasi utama negeri ini, masa kini dan yang akan datang,” kata Nina saat konferensi Pers Profesional Women Week 2021, Jumat (17/9) lalu.


Karenanya tema PWW tahun ini adalah #akuberdaya, sebuah tema sentral yang jadi jiwa dari semua produk dan aktivitas NINA NUGROHO. Hastag itu bermakna, wanita pada dasarnya sudah memiliki daya dalam dirinya.

Baca Juga: Kementerian PPPA Bangkitkan Semangat Lewat Suara Anak Disabilitas

“Secara alami, wanita mampu memikul rasa sakit saat melahirkan. Wanita punya kemampuan multi tasking serta keluasan hati yang tak ada ujungnya,” kata Nina. “Wanita adalah tonggak keluarga. Maka kami tidak menggunakan istilah ‘pemberdayaan’, melainkan ‘keberdayaan’. Wanita bukannya perlu diberdayakan, melainkan dilejitkan keberdayaannya. Itulah misi kami. Melalui gelaran PWW ini, mari bersama-sama kita luncurkan gerakan #akuberdaya,” imbuhnya.

Nina Nugroho (dok.pri)

Baca Juga: 3 Pesan Moral Untuk Perempuan Dalam Fashion Week 2017

Profesional Women’s Week diselenggarakan dalam lima hari. Empat hari berturut-turut berupa event Charity Sale, Talk Show dan Sharing Online yang menghadirkan 12  pembicara nasional dan tokoh profesional. Kemudian ditutup pada hari kelima dengan event offline Gala Luncheon, fashion show dan diskusi panel yang akan dihadiri 50 tokoh perempuan.

Charity Sale

Event Charity Sale ini berlangsung pada 6 – 21 September, menghadirkan Catwalk Collections dan Product Collections Brand NINA NUGROHO. Lebih dari 30 busana yang telah melenggang di berbagai pagelaran busana dunia, akan dibeli donatur dan hasilnya didonasikan kepada Pondok

PesantrenTahfidz Al-Qur-an di Klaten Jawa Tengah, untuk membiayai para santri penghafal Al-Qur`an sampai dengan hafal 30 juz AL-qur’an.
Busana-busana itu sebelumnya telah tampil di Turino Fashion Week, Hongkong Fashion Week, ASC New York Fashion Week dan pergelaran fashion bergengsi tanah air seperti Indonesia Fashion Week, Muslim Fashion Festival dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Bank Indonesia.

Nina Nugroho ingin makin berdayakan peran wanita di ajang PWW (dok. pri)

Talkshow

Dilaksanakan secara online pada Senin (20/9)  hingga Kamis (23/9). Setiap hari ada dua sesi yang menghadirkan narasumber luar biasa. Mengangkat tema besar meningkatkan keberdayaan wanita Indonesia sekaligus memberikan jawaban tantangan multiperan wanita dalam kondisi pandemik COVID-19.
Sedangkan sub temanya tentang karier, keluarga, sosial, kecantikan dan fashion.

Digelar secara virtual pada 20-23 September dan live pada 24 September. Terdiri dari 5 koleksi Fashion Show Internasional dan Nasional NINA NUGROHO sebagai Modest Fashion Brand for Professional.

Gala Luncheon

Merupakan agenda penutup dan puncak dari rangkaian kegiatan Professional Women Week 2021. Diadakan pada 24 September di Ballroom The Langham Hotel Jakarta. Event ini dilakukan secara offline yang akan menghadirkan 50 tokoh perempuan Indonesia yang akan berdiskusi membahas isu-isu penting terkait peran perempuan professional dalam meningkatkan keberdayaan perempuan Indonesia.

Dibagi dala tiga panel yang masing-masing nya mengangkat tema keberdayaan wanita Indonesia yang akandilanjutkan dengan mendeklarasikan gerakan #akuberdaya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here