Akhirnya Terkuak! Ini Percakapan Terakhir Pangeran Philip Sebelum Meninggal Dunia

pangeran-philip-percakapan-terakhir-meninggal-dunia
Foto: Getty Images

Lima bulan sudah sejak suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April lalu. Namun kepergiannya masih menyisakan duka mendalam, khususnya bagi keluarga Kerajaan Inggris. Sejumlah anggota Royal Family pun curhat soal kepergian Philip dalam film dokumenter yang segera dirilis oleh BBC. Bahkan, Pangeran Charles mengungkap percakapan terakhir dengan Pangeran Philip. 

Dilansir dari Daily Mailsatu hari sebelum meninggal dunia, Philip sempat berbincang dengan putra sulungnya itu. Charles mengatakan kalau saat itu mereka membicarakan rencana perayaan ulang tahun Philip yang ke-100. 

“Kami membuat rencana untuk merayakan ulang tahunmu,” kata Charles mengulangi percakapannya dengan Philip. 

Saat itu, Charles menyadari kalau ayahnya tidak mendengar dengan jelas apa yang ia katakan. Ia pun harus mengulangi ucapannya. 

“Kami merencanakan ulang tahunmu. Kami juga tengak berdiskusi apakah kami harus menggelar pesta,” kata Charles kepada ayahnya. 

Pangeran charles percakapan terakhir dengan philip ayah
Pangeran Philip dan Charles. Foto: UK Press/Getty Images

Baca juga: Bukan Keluarga, Ini Penerima Warisan Pangeran Philip

Saat itu, ucapan ayah Pangeran William dan Pangeran Harry itu pun tak ditanggapi serius oleh Philip. Seakan tahu bahwa ajalnya sudah dekat, laki-laki 99 tahun itu mengatakan kalau ia tak yakin akan masih hidup di hari ultahnya yang ke-100 pada 10 Juni. 

“Yah, itu bisa terjadi jika aku masih hidup bukan,” jawab Philip. 

“Aku tahu kamu akan menjawab seperti itu,” ujar Charles kesal. 

Benar saja, satu hari setelah berbincang dengan putranya, Pangeran Philip meninggal dunia. Rencana ulang tahun jadi topik percakapan terakhir Pangeran Philip dengan Charles. Ia mengembuskan napas terakhirnya di Istana Windsor, Inggris, pada 9 April lalu. 

Baca juga: Terungkap! Ada Momen Seram di Pemakaman Pangeran Philip

Sebelum tutup usia, Pangeran Philip sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa pekan. Bahkan, Duke of Edinburgh juga menjalani operasi jantung.

Pangeran Philip dimakamkan di pemakaman bawah tanah berusia 200 tahun di Kapel St George. Jenazah ditempatkan di satu ruang dengan gerbang besi sekitar lima meter di bawah tanah. Namun itu hanya peristirahatan sementara bagi Pangeran Philip hingga Ratu Elizabeth II mangkat.

Ketika nanti tiba waktunya, keduanya akan dimakamkan di King George VI Memorial Chapel, Windsor berdampingan dengan orangtua Ratu Elizabeth II, yaitu Raja George VI dan Ratu Elizabeth. Abu jenazah Putri Margaret, adik Ratu Elizabeth II juga disimpan di sana. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here