Heboh! Jimin BTS Jadi Inspirasi Karya Seni Pelukis Dunia

jimin-bts-lukisan
Foto: Net

Anggota grup K-Pop BTS, Jimin buktikan pengaruh besarnya khususnya untuk dunia seni dan budaya. Yang terbaru idol berusia 25 tahun ini mengispirasi seorang pelukis Korea Selatan, sekaligus Profesor Kehormatan dari Universitas Nasional Seoul, Jin Young-Sun.

Profesor tersebut baru saja memamerkan lukisan fresco yang terinspirasi dari Jimin, ketika tampil solo dengan lagu I Need U di pagelaran Melon Music Awards 2019. Lukisan dengan ukuran 160 centimeter x 130 centimenter ini ditunjukkan di Pameran Alumni SNU Villa D’Art, yang berlangsung pada 11-17 September lalu di Hangaram Art Museum, Seoul, Korea Selatan.

Di hari pembukaan pameran, Jin Young-Sun sendiri langsung mengunggah foto karyanya tersebut di akun Twitter pribadinya. Ia juga menyertakan cuitan tentang kekagumannya terhadap pelantun lagu Permission to Dance itu.

”Penemuan kembali budaya dan seni Korea dengan Salpuri-chum, Jimin menunjukkan kombinasi budaya tertinggi dan hiburan yang maksimal @BTS_twt #Salpuri-chum #MMA2019,” tulisnya.

lukisan jimin bts
Aksi Jimin BTS di panggung Melon Music Awards. Foto: Net

Baca juga: Dinilai Vulgar, Papan Reklame Ultah Jungkook BTS Ini Diturunkan

Salpuri-chum sendiri merupakan pertunjukan solo yang megah disertai dengan ansambel musik tradisional yang juga diiringi alat musik seperti perkusi, sitar, biola, seruling dan vokal. Penampilan pemilik nama lengkap Park Ji-min itu memang menyita banyak pasang mata.

Sebab dia bisa menunjukkan garis tubuhnya yang indah, gerakan yang halus namun kuat dan elegan. Hal ini yang membuat Jimin dianggap sebagai salah satu penari terbaik di industri K-Pop era ini.

lukisan jimin bts 1
Foto: Net

Pengakuan tersebut diperjelas dengan kemenangannya memperoleh penghargaan DABEME pada April lalu untuk ’Penari Pria Terbaik’ tahun ini. Ia sudah mempertahankan gelar tersebut selama tiga tahun berturut-turut.

Bukan Pertama Kali

Faktanya bukan kali pertama pria asal Busan ini menjadi sumber inspirasi dari karya seni. Banyak seniman Korea Selatan hingga dunia yang terinpirasi olehnya. Di antaranya ada seniman Goheon Kim Ho-Sung yang terinspirasi oleh tarian kipas Jimin di acara Melon Music Awards 2018.

Karya tersebut dibuat dan dipajang pada 2019, di pameran ’Fun & Fan’ miliknya yang diadakan di Insa Art Plaza. Di tahun yang sama Jimin juga menerima penghargaan dari ’Kim Baek Bong Fan Dance Conservation Society’ untuk tarian kipasnya itu.

Selain itu, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan juga pernah menerbitkan sebuah majalah di mana mereka menggunakan foto duta merek Louis Vuitton ini di sampul depannya.

Mendengar hal tersebut idol yang jago menari hip-hop dan tari kontemporer ini membagikan perasaannya lewat sebuah cuitan, ”Hari ini kami telah menerima banyak penghargaan. Aku dengan tulus berterima kasih dan berharap kami bisa berbagi ini dengan semua orang lewat musik dan penampilan panggung yang lebih baik di masa depan. Untuk kalian semua yang mendukung kami, kami dengan tulus berterima kasih dan aku cinta kalian. #JIMIN #ARMYKAMIMENDAPATPENGHARGAAN.

Tidak hanya itu, James Jean seorang seniman visual Amerika-Taiwan pada Juni lalu juga menciptakan karya seni yang terinspirasi oleh Jimin, yang ia beri nama ’Champignon’. Karya tersebut merupakan representasi dari kemampuan Jimin untuk menambahkan warna ekstra pada penampilan BTS terutama di lagu Black Swan.

Baca juga: 3 Bukti Jin ‘BTS’ dan Suho ‘True Beauty’ itu Kembar

Lee K. juga jadi salah satu seniman yang mengunakan Jimin sebagai inspirasi dalam beberapa karyanya sebagai ilustrator. Karya terbarunya diunggah di Instagram resminya pada Mei lalu. Seniman lain yang telah menggunakan Jimin dalam karya mereka termasuk pelukis Kildren, Alexander Ivanchamu hingga Alejandro Vigilante.

Seorang seniman Arab Saudi, Hajer juga dilaporkan membuat potret Jimin. Sedangkan WEZT.ONE seorang seniman grafiti sempat menjadi topik hangat para ARMY, karena membuat mural dengan wajah Jimin yang sangat indah.

Sebenarnya, tidak mengherankan jika banyak orang menjadikan Jimin sebagai inspirasi dalam karya seni mereka. Sebab Jimin tidak hanya menciptakan sebuah karya seni, melainkan dia sendiri adalah seni. *bbs/Aii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here