Bakal Debut di Usia 12 Tahun, Tanaka Koki Dianggap Telah Dieksploitasi

Tanako Koki

Nama Tanaka Koki mendadak jadi perbincangan. Debutnya di bawah naungan agensi agensi P NATION dan JYP Entertainment menuai pro kontra. Ada yang memuji talentanya sehingga layak menjadi idol. Namun ada pula yang menentang karena menganggap ia terlalu muda.

Koki memang masih berusia 12 tahun. Dia berhasil menjadi trainee setelah lolos dari program survival yang digelar P NATION dan JYP Entertainment pada 11 September lalu.

Sebenarnya bukan hanya Tanaka Koki yang lolos sebagai trainee dalam program yang ratingnya cukup tinggi itu. Namun ada 6 nama lainnya, yakni Eun Hwi, Jun Hyuk, Hyun Soo, Tae Hun, Sung Jun dan Kyung Jun. Mereka inilah yang akan didebutkan di salah satu grup bentukan P Nation yang bernama LOUD.

tanaka Koki
Tanaka Koki (dilingkari) di antara peserta lain yang lolos di program Survival
Tanaka Koki

Terpilihnya Koki dan member lainnya juga tak sembarangan. Sebab di program survival tersebut, hadir pula Psy, pendiri P Nation, dan Park Jin Young yang merupakan founder dari JYP. Mereka bertindak langsung sebagai juri.

Menurut Psy, Koki layak menjadi idol. Sebab ia tidak hanya tampan, tapi juga punya bakat dance yang luar biasa. Bocah asal Jepang itu bahkan pernah menjuarai berbagai kontes menari di skala internasional sejak usia 4 tahun. Dia memiliki guru menari yang sama dengan Shotaro NCT dan Mashiho TREASURE.

Tidak hanya itu, dalam program survival yang digelar P Nation dan JYP, Koki ternyata mendapat suara paling banyak sehingga lolos sebagai trainee.

|Baca Juga: PSY Siap Debutkan Grup K-Pop Lewat Agensinya

Koki benar-benar mulai mencuri perhatian ketika P NATION memposting fotonya yang sedang merayakan Chuseok di Twitter. Penampilannya yang mengenakan hanbok warna merah muda membuat netizen gemas.

Banyak penggemar yang meninggalkan komentar pujian terhadapnya karena bisa debut di usia muda, 12 tahun. Namun tak sedikit yang menganggap Koki sebagai korban eksploitasi.
Netizen menyoroti jadwal kegiatan para trainee dan idol yang dikenal sangat ketat dan keras. ”Kalau dia bekerja terus, kapan sekolahnya. Pendidikannya pasti sangat terganggu. Dia masih terlalu muda untuk debut,” demikian komentar seorang netizen.

Seperti yang diketahui, rata-rata usia idol K-pop termuda adalah 16 tahun, seperti Ni-ki ENHYPEN, Junghwan TREASURE, dan Zoa Weeekly.
Selain itu, para netizen juga khawatir bahwa keputusan Koki menjadi idola bukan datang dari dirinya sendiri, tapi karena keinginan orang tua atau orang dewasa yang ingin mendapat keuntungan besar. *amy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here