Kenalin Nih, Abubakr Ali. Muslim Pertama yang Jadi Tokoh Utama di Serial Adaptasi Komik

abubakr-ali-grendel-pemain-serial
Foto: Dok. Instagram Abubakr Ali

Abubkr Ali hanyalah seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun saat insiden nahas 9/11 terjadi pada 11 September 2011. Insiden dua pesawat yang dibajak dan menabrak gedung pencakar langit World Trade Center (WTC) itu terjadi satu tahun setelah Ali dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat dari Mesir. 

Saat itu, Ali merasakan beban yang begitu berat di Negeri Paman Sam. Sebagai muslim, Ali harus merasakan tekanan dari dunia luar, Apalagi saat itu, masyarakat menuding umat muslim sebagai dalang di balik kejadian terorisme tersebut. 

Tapi siapa sangka, dua dekade setelah kejadian tersebut, Abubakr Ali menjadi aktor muslim asal Arab pertama yang berhasil menjadi pemeran utama serial yang diangkat dari komik, Grendel. Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh pihak Netflix. 

Dalam serial yang diadaptasi dari komik berjudul sama karya Matt Wagner, Ali akan memerankan karakter Hunter Rose. Ia adalah seorang penulis, pemain anggar sekaligus pembunuh dari kota New York. Ia menjadi seorang vigilante dan menghukum para penjahat demi membalas dendam setelah kehilangan orang tercinta. 

abubakr ali grendel
Abubakr Ali, pemeran Grendel. Foto: Dok. Instagram Abubakr Ali

Baca juga: Heboh! Rapper Mexico Berambut Emas. Intip Foto-fotonya

Bagi Ali, ini adalah kesempatan emas untuk kemajuan kariermnya. Aktor 30 tahun itu tak pernah meyangka bisa sampai pada titik ini. 

“Aku sangat bahagia bisa mendapat kesempatan ini. Akan ada banyak kesempatan yang akan terbuka setelah karya ini. Serial ini membuatku bekerja begitu keras. Aku harus mencurahkan emosi serta aksi fisik,” kata Ali seperti dilansir dari CNN

“Tak pernah terpikir olehku bahwa aku bisa memperoleh peran ini. Aku selalu berpikir kalau aku hanya bisa berperan sebagai seorang muslim atau orang Arab baik-baik yang menyatu dengan budaya barat. Karakter tersebut selalu mencoba membuktikan dirinya adalah ‘orang baik’. Namun di luar peran itu, orang Arab atau muslim seringkali mendapat peran sebagai teroris,” terangnya. 

Lulusan Yale School of Drama Acting Class tersebut juga menyoroti kurangnya keberagaman dari pemeran karakter superhero atau anti-hero. Selama ini mayoritas karakter hero digambarkan sebagai kulit putih atau kulit hitam. 

“Belum ada ruang untuk peran anti-hero yang kompleks, tak sempurna tetapi juga indah dengan cara mereka sendiri. Dan peran ini adalah kesempatan sempurna untuk menggambarkan itu semua,” lanjutnya. 

grendel hunter rose
Grendel. Foto: Dark Horse

Baca juga: Pesan Terakhir Britney Spears Sebelum Menghilang

Sementara itu, pencipta Grendel, Matt Wagner mengaku bangga bisa bekerjasama dengan Ali. Ia yakin pemain serial Power Book II: Ghost itu bisa menghidupkan karakter Hunter Rose dengan sempurna.

“Aku sudah tak sabar melihat aksi Abubakr Ali sebagai Grendel alias Hunter Rose. Dia memiliki karisma, gaya yang keren dan pesona yang telah kubayangkan selama beberapa tahun,” ujar Matt Wagner. 

Selain Abubakr Ali, serial ini juga menggandeng sederet bintang lainnya. Di antaranya adalah Jaime Ray Newman sebagai Jocasta Rose, Julian Black Antelope sebagai Argent the Wolf, dan Madeline Zima sebagai Detektiv Liz Sparks. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here