Indonesian Televison Awards (ITA) 2020 Segera Digelar

ITA-2020 indonesian television awards
Foto: Istimewa

Indonesian Television Awards (ITA) kembali hadir. Di tahun ke lima penyelenggaraannya, terdapat 12 katagori penghargaan yang terdiri dari 8 program televisi dan 4 individu. Ada pula katagori baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu news siang dan publik figur inspiratif.

Seluruh nominee didapatkan dari hasil survei yang dilakukan tim Roy Morgan Research yang melibatkan responden di 28 kota dari 17 propinsi di Indonesia. Survei secara langsung ini tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, yaitu menggunakan masker dan jaga jarak.

Roy Morgan Research merupakan lembaga survei independen dari Australia yang sudah berada di Indonesia sejak 2004. Roy Morgan Research melakukan survei langsung ke penonton televisi untuk mengetahui program acara televisi yang menjadi favorit, dilihat dari top of mind (yang diingat secara spontan) oleh pemirsa dan yang masuk ke dalam nominasi adalah program-program yang tayang di periode 01 Juli 2019-30 Juni 2020.

“Metodologi yang dipakai tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Cara kita mengambil sampel tidak banyak berubah. Tetap dari rumah ke rumah dan interview. Kita tanyakan program terfavorit. Dan itulah yang keluar. Kesulitan  mendapatkan responden kita selalu berusaha interview diluar rumah jaga jarak,” ungkap Ira Soekirman selaku Direktur Utama Roy Morgan Research.

toara ITA 2020
Foto: Istimewa

Pemirsa secara langsung dapat memberikan suara melalui media sosial (Facebook dan Instagram) serta melalui website www.indonesiantvawards.com dan aplikasi RCTI+. Perhitungan dan analisa voting dilakukan oleh Provetic untuk menjaga akurasi perhitungan serta validasi data voters dan hasil voting akan diverifikasi oleh auditor independen. Hasil voting akan diumumkan pada acara Malam Puncak Indonesian Television Awards yang akan digelar pada 25 September 2020 mendatang.

“Indonesian Television Awards merupakan refleksi dari program yang menjadi pilihan pemirsa televisi dan persepsi terhadap figur-figur di layar televise Indonesia sepanjang tahun 2019-2020,” tutur Dini Putri, Programming & Acquisition Director RCTI.

“Hasil karya insan pertelevisian Indonesia yang bukan dinilai dari rating tapi dari segi ketertarikan atau minat pemirsa. Tentunya ITA 2020 diharapkan akan menjadi pemacu para insan pertelevisian untuk terus menghasilkan kreativitas terbaik di dunia pertelevisian Indonesia,”  tambahnya. 

ruben onsu
Foto: Istimewa

Ruben Onsu jadi salah satu nomine yang masuk dalam kategori Pembawa Acara TV Terpopuler. Laki-laki yang mewakili program Brownis yang masuk dalam Program Non Prime Time Non Drama Terpopuler itu mengaku menunggu momen semacam ini,

“Buat saya sendiri sebagai pelaku seni, menunggu awarding seperti ini karena ini salah satu untuk apresiasi kami selain individu tapi ke programnya,” imbuhnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here