Empat Fakta ‘Cuma Kamu’, Duet Rhoma Irama dan Via Vallen

Rhoma Irama dan Via Vallen
Foto: Istimewa

Apa jadinya jika dua pedangdut lintas generasi seperti Rhoma Irama dan Via Vallen disatukan dalam satu project bareng? Yang pasti, para pecinta musik dangdut sudah tak sabar bukan melihat kolaborasi mereka? Khususnya para FORSA (Fans of Rhoma and Soneta) dan Vyanisty (fans Via Vallen).

Untuk itu, Rhoma Irama dan Via Vallen akhirnya merilis single kolaborasi mereka yang berjudul Cuma Kamu, Jumat (11/9) kemarin. Seperti diketahui, Cuma Kamu merupakan hit lawas Rhoma dengan Rita Sugiarto, yang hingga sekarang tetap menjadi primadona di kalangan pecinta dangdut.

| Baca juga: Dikecam usai Manggung saat Pandemi, Ini Klarifikasi Rhoma Irama

Lantas seperti apa sih kisah di balik lagu Cuma Kamu new version yang dibawakan oleh dua ikon dangdut lintas generasi ini?

1. Alasan Pilih Via Vallen

Sebelumnya Rhoma dan Via pernah dipertemukan dalam satu panggung. Dari sana Roma melihat sosok Via sebagai pedangdut generasi milenial yang bertalenta dan memiliki suara khas. Selain itu, pimpinan Soneta Group itu juga mengaku kagum pada kepribadian Via yang sederhana.

Rhoma Irama dan Via Vallen
Salah satu adegan dalam klip video Cuma Kamu New Version (Foto: Istimewa)

“Saya senang bisa kolaborasi dengan Via, karena dia seorang newcomers dalam belantika musik dangdut, tapi punya suara khas, vibrasi khas Vallen,” ujar Rhoma dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/9) kemarin.

“Dan saya suka kepribadian Via Vallen. Via yang sudah terkenal ternyata sederhana, bagaimana menggunakan kostum dalam stage yang besar, dia paling sederhana dari teman-teman yang lain. Dari kesederhanaan Via, ada sesuatu yang good dalam dirinya,” sambung penyanyi berusia 73 tahun itu.

2. Dipilihnya Lagu ‘Cuma Kamu’

Cuma Kamu adalah salah satu lagu ciptaan Rhoma yang timeless. Dari panggung-panggung hajatan hingga stage yang megah, lagu ini kerap dibawakan oleh artis-artis dangdut.

| Baca juga: Setelah 39 Tahun Berpisah, Rhoma Irama dan Rita Sugiarto Bersatu Lagi

Selain itu Rhoma dan Via sempat menyanyikan lagu ini secara live di salah satu stasiun televisi swasta. Rhoma kemudian berpikir untuk mengabadikannya dalam sebuah single. “Sebelumnya pernah duet di stage, akhirnya diabadikan dalam single,” kata Rhoma.

3. Proses Recording dan Pengambilan Gambar

Meski baru dirilis single Cuma Kamu ternyata telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, bahkan sebelum pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Namun hal itu hanya berlaku untuk proses recording, sedangkan proses pengambilan gambarnya dilakukan saat pandemi, di salah satu coffee shop di daerah Kota Tua, Jakarta.

“Waktu rekaman ini belum pandemi, aman-aman aja. Kalau pas syuting, pas pandemi. Dari situ dijaga biar nggak ada keramaian,” tutur Via.

| Baca juga: Jatuh Hati pada Anisa Rahman Eks Sabyan, Rhoma Irama Ajak Duet

Pelantun Sayang itu merasa bahagia bisa rekaman dan diarahkan langsung oleh Sang Raja Dangdut. Pasalnya dari situ, Via banyak mendapat pelajaran dari sosok Rhoma yang dikenal perfeksionis dalam bermusik itu.

“Saya di-direct langsung, diarahin, diajarin improvisasi reff kedua, dan itu kayak enak banget. Biasanya kalau rekaman, karakter saya begini, saya gini terus. Saya nggak mungkin bisa cengkok gitu, eh ternyata bisa,” aku pedangdut asal Sidoarjo, Jawa Timur itu.

4. Harapan untuk Cuma Kamu New Version

Dengan single duet terbarunya ini, Via berharap dapat diterima dengan baik oleh pecinta musik Tanah Air, khususnya musik dangdut.

“Suatu kehormatan saya sebagai penyanyi dangdut, bisa kolaborasi dengan Pak Haji. Harapan saya, Cuma Kamu versi baru ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” ujar Via.

| Baca juga: Rhoma Irama Luncurkan ‘Virus Corona’ Versi Bahasa Inggris

Sementara Rhoma juga berharap dapat mengenalkan dangdut lebih luas lagi, dengan upayanya menggandeng ikon dangdut masa kini, Via Vallen.

“Tujuannya untuk meramaikan belantika musik Indonesia, terutama dangdut. Ingin promote dangdut lebih luas dengan karya terbaru, recycle new version yang disesuaikan dengan zaman, agar musik dangdut tetap eksis dan menginspirasi penggemar musik,” pungkas ayah Ridho Rhoma itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here