Untukmu Indonesiaku: Mahakarya ke-4 IDCO tentang Budaya Negeri

0
19
idco
Foto: Dok. Instagram Indonesia Dance Company

Sukses dengan pagelaran tari bertajuk We Dance pada tahun 2016, kemudian Danceventure pada tahun 2017, dan Its… Showtime pada tahun 2018, Indonesia Dance Company (IDCO) dibawah pimpinan Claresta Alim akan kembali menggelar sebuah mahakarya.

Bertajuk Untukmu Indonesiaku, nantinya pagelaran ini akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta, 27 September 2019.

Untukmu Indonesiaku merupakan persembahan karya anak-anak bangsa sebagai bentuk kebanggaan dan cinta terhadap seni dan budaya Indonesia.

Pagelaran ini akan melibatkan para penari, pemusik dan tentunya koreografer yang sudah sangat mumpuni dibidangnya. Misinya tak lain untuk mengedukasi generasi muda sehingga mengenal cerita rakyat, juga budaya Indonesia yang dikemas melalui sebuah pagelaran tari.

“Ide ini tercetus ketika muncul sebuah pertanyaan dalam diri saya, Apa yang bisa kami berikan kepada bangsa Indonesia?” ujar Claresta, yang merupakan generasi ketiga, anak dari Fifi Sijangga dan cucu dari tokoh balet Indonesia, Marlupi Sijangga.

“Lalu dengan tekad kuat, kami berkontribusi melalui karya-karya kami yang kami persembahkan tidak lain untuk Indonesia. Melalui pagelaran-pagelaran yang kami lakukan. Kami juga ingin menebarkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara ini” tambahnya.

indonesia-dance-company
Foto: Istimewa

Pada usia yang masih sangat belia, Claresta mendirikan Indonesia Dance Company (IDCO), sebuah wadah bagi para penari untuk meningkatkan kualitas dan popularitas dunia tari di Indonesia, serta membawanya ke dalam masa kejayaan dengan skala nasional dan internasional.

Sebagai komitmen terhadap visi dan misinya, IDCO fokus untuk mempersembahkan karya-karya terbaik anak bangsa dengan standar internasional. Salah satunya dengan mengadakan annual performance yang telah berlangsung tiga kali, dan Untukmu Indonesiaku menjadi kali ke empat.

Lewat Untukmu Indonesiaku, IDCO kembali mengangkat sepenggal cerita rakyat Indonesia, yang mungkin telah banyak terlupakan oleh generasi muda. Seperti halnya pagelaran yang lalu, Untukmu Indonesia mengangkat seni dan budaya Indonesia yang digabungkan dengan teknik balet kontemporer dan modern. (*)