Tiwi Eks T2 da Rieka Roslan Pamer Keakraban dalam Single ‘Oh Kasih’

tiwi-t2-dan-rieka-roslan
Foto: Yanuarika/Nyata

Apa jadinya jika dua penyanyi beda generasi dan beda genre berduet? Hal ini yang coba dilakukan Rieka Roslan dan Tiwi. Seperti yang diketahui Rieka selama ini dikenal sebagai pencipta lagu dan penyanyi yang sudah malang melintang di musik pop dan jazz. Kolaborasi keduanya tersaji secara apik lewat lagu Oh Kasih.

“Ini satu proyek yang panjang banget. Sudah 8 tahun absen enggak mengeluarkan karya. Makanya sekarang harus direalisasikan,” kata Rieka Roslan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (27/9).

“Saya kaget diajak. Untungnya Teteh Rieka ceplas ceplos jadi apa adanya, dia menilai aku dengan benar, makanya aku coba, ingin belajar,” sambung Tiwi.

Lagu Oh Kasih ditulis oleh Rieka Roslan sendiri pada 1999 silam. Karya ini pernah dipopulerkan oleh Shanty pada tahun 2000. Kini Rieka dan Tiwi coba mengaransemen ulang lagu tersebut dengan bantuan Ali Akbar sebagai music director.

Ali Akbar sendiri merupakan salah satu pendiri The Groove, grup musik asal Bandung yang mempopulerkann nama Rieka Roslan. Selain itu, bassist The Groove, Ari Firman juga ikut mengisi suara bass dalam lagu tersebut. Musisi asal Bandung seperti gitaris Topan Abimanyu dan drummer Fuad Rudyan juga ikut memperkaya aransemen baru lagu ini.

Kedekatan Rieka Roslan dan Tiwi yang sudah seperti kakak beradik sangat terlihat dari sinergi dan keharmonisan mereka dalam bernyanyi. Improvisasi tertata rapi dan pembagian vokal yang apik menjadikan nuansa lagu tersbut semakin menarik.

Di balik warna baru lagu Oh Kasih, ternyata memang ada sebuah hubungan yang menyatukan Rieka dan Tiwi sehingga sukses membawakan kembali lagu tersebut dengan baik. Pertemuan pertama keduanya terjadi pada 2005 di ajang Akademi Fantasi Indosiar (AFI). Di ajang pencarian bakat itu Rieka bertindak sebagai juri, sedangkan Tiwi salah satu peserta yang dinilai Rieka.

Penampilan Tiwi ketika itu rupanya sudah mencuri perhatian Rieka. Ketika itu Rieka sempat membuatkan lagu untuk Tiwi. Judulnya Persahabatan Kita yang dibawakan Tiwi dengan Bojes, salah satu finalis AFI 2005 lainnya.

Karena itulah pasca AFI musim kelima, hubungan keduanya terus terjalin. Tak hanya sebagai mentor dan muridnya, tapi juga sebagai kakak dan adik.

“Sejak dulu sampai sekarang Tiwi itu nggak pernah ngambek, selalu helpful dan pekerja keras.  Dia mengawali karirnya sebagai penyanyi kafe. Makanya suaranya cihuii kan,” puji Rieka.

“Saya senang sekali bisa berduet dengan Rieka Roslan yang selama ini sudah saya anggap sebagai kakak sendiri. Kolaborasi ini juga sebagai bukti bahwa hubungan yang terjalin baik antara mentor dan muridnya dapat menghasilkan suatu karya yang menarik dan semoga bisa diterima,” kata Tiwi.

Lagu itu seperti juga menandai kembalinya Rieka ke dunia tarik suara setalah delapan tahun vakum. Lagu Oh Kasih bakal masuk dalam album The Best of Rieka Roslan yang segera diluncurkan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here