Ayu Azhari Bawakan Tarian Suku Dayak di London

Ayu Azhari di Inggris
Foto: Istimewa

Ayu Azhari baru saja melakukan kegiatan dalam rangka memperkenalkan budaya dan kuliner Indonesia di Inggris. Ayu Azhari tampil dalam acara Indonesian Weekend, yang berlangsung pada tanggal 7-8 September 2019 di Potters Fields Park London, didukung PT Telkom Indonesia.

Di panggung Wonderful Indonesia Ayu tampil membawakan tarian Burung Enggang dari Kalimantan Timur. Penampilan Ayu Azhari sukses menghipnotis para penonton yang ada dalam acara tersebut.

“Selama menari empat menit penonton hening, mereka menarik nafas terkesima dengan keindahan dan terbuai mendengar musik etnik Kalimantan. Saya gembira sekali,” kata Ayu Azhari, Sabtu (21/9) lalu.

“Saya menari Tari Burung Enggang atau biasa disebut Tari Enggang dari Suku Dayak Kenyah, Kalimantan Timur. Tari Burung Enggang menjadi wajib dalam setiap upacara adat Suku Dayak Kenyah dan punya makna yang dalam,” lanjutnya.

Ayu Azhari di Inggris
Foto: Istimewa

Selain penampilan budaya Indonesia lewat tarian Burung Enggang. Menurut Ayu, tari Enggang menggambarkan kesetiaan pada pasangan. Mencerminkan sosok pemimpin yang jujur dan tangguh.

Baca juga: Ayu Azhari Pamerkan Budaya dan Kuliner Indonesia di London

Ayu mengaku senang penonton terhibur. “Ada yang melempar koin di panggung. Mereka bilang, itu koin keberuntungan. Cukup banyak, saya hanya ambil satu untuk disimpan sebagai kenang-kenangan. Mereka takjub dengan tarian etnik,” ujar Ayu.

Ayu senang bisa menunjukkan keahliannya menari tradisional. Selama dua hari menghibur warga Indonesia dan warga Inggris di panggung Wonderful Indonesia.

“Dua hari yang menyenangkan menghibur masyarakat Indonesia dan orang Inggris. Saya mengajak mereka berdendang dengan lagu dan musik tradisional Indonesia,” kata Ayu.

Ayu Azhari di Inggris
Foto: Istimewa

Ayu membawakan lagu-lagu dangdut Sekuntum Mawar Merah yang dipopulerkan Elvie Sukaesih.

“Ternyata orang Inggris cukup mengenal musik dangdut sehingga ikut bergoyang. Bagi saya itu sambutan yang luar biasa” lanjut Ayu.

Ayu Azhari di Inggris
Foto: Istimewa

Setiap tampil, Ayu mambawakan tujuh lagu. Saat ada jeda, Ayu berganti pakaian. Agar panggung tidak kosong, putranya, Sean Azhari menggantikan dengan membawakan musik rap.

“Saya ganti pakaian bisa 3 atau 4 menit. Supaya panggung tak kosong Sean menggantikan. Dia nge-rap, suasana jadi heboh,” kata Ayu.

Baca juga: Alasan Rianti Cartwright Tetap Bersyukur Meski Belum Punya Keturunan

Pengunjung juga berkesempatan mencicipi makanan Indonesia. Umumnya orang pernah berkunjung ke Indonesia. Mereka mengaku kangen makanan yang sedap dengan aroma rempah-rempah yang menyehatkan.

Di Inggris, Ayu memperkenalkan beberapa kuliner khas Indonesia. Di antaranya Gado-gado, Rendang dan Soto.

“Gado-gado makanan seksi dan romantis dengan berbagai rasa. Pedas, asin dan manis,” ujar Ayu saat menyapa penonton yang memenuhi panggung Wonderful Indonesia.

“Rendang apalagi. Mereka bilang renyah dalam satu gigitan,” ungkap Ayu.

Baca juga: Respons Menohok Shandy Aulia Usai Dibandingkan dengan Wanita Lain

Ayu sangat terkesan pengunjung sangat menyukai berbagai kuliner Indonesia, yang disebutnya sangat kaya akan rasa. Sebagai contoh, Ayu menyebutkan aneka jenis Soto.

“Ada Soto Ayam, Soto Padang, Coto Makassar dan banyak lagi macam dan rasa,” ujar bintang film Catatan Si Boy (1987) itu dalam ajang promosi budaya dan kuliner Indonesia, untuk mempromosikan branding Indonesia di pasar Eropa.

Diakui Ayu, restoran Indonesia di Inggris hanya ada di dua tempat. Sementara penggemar masakan Indonesia sangat banyak. Karena itu Ayu berharap kegiatan promosi budaya maupun kuliner Indonesia, bisa diselenggarakan sesering mungkin.

“Restoran Indonesia berpotensi untuk berkembang,” pungkas Ayu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here