Tidak Ada Mediasi Antara Ruben dan Sarwendah, Mantap Cerai?

Kuasa Hukum Ruben Onsu, Raga Ginting soal perceraian kliennya dengan Sarwendah. (Foto : Irfan Julyusman)
Kuasa Hukum Ruben Onsu, Raga Ginting soal perceraian kliennya dengan Sarwendah. (Foto : Irfan Julyusman)

Ruben Onsu dan Sarwendah telah menjalani sidang perdana gugatan cerai di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (09/07). Namun, keduanya tampak tidak hadir dalam sidang perdana ini.

Pihak Ruben hanya diwakilkan oleh perwakilan kuasa hukumnya, Raha Ginting yang terpantau menghadiri sidang. Di lain sisi, pihak Sarwendah absen dalam sidang ini. 

Atas ketidakhadiran pihak tergugat, majelis hakim menjadwalkan pemanggilan kembali dan akan melanjutkan persidangan pada pekan depan. 

| Baca Juga : Ruben Onsu-Sarwendah Tak Hadiri Sidang Perdana Perceraian

“Minggu depan adalah pemanggilan kedua terhadap penggugat dan tergugat, tanggal 16 (Juli),” tutur Raga Ginting ketika ditemui di PN Jaksel, Selasa (09/07). 

Membahas mengenai mediasi, tim kuasa hukum Ruben menyebut, kemungkinan hal tersebut tidak akan digelar. “Mediasi sepertinya tidak ada,” ujarnya. 

Hal tersebut disebabkan bersikerasnya pihak Ruben dalam mencerai Sarwendah. Raga turut menyinggung, diajukannya gugatan adalah untuk perpisahan pasangan selebriti tersebut.

| Baca Juga : Mau Cerai, Ruben Onsu-Sarwendah Kompak Unggah Foto Bersama

“Terkait mediasi memang kita kurang paham, karena kita mengajukan ini memang untuk berpisah,” terang Raga Ginting.

Tentang alasan perceraian Ruben dengan Sarwendah, Raga tampak enggan mengungkap alasan dibalik gugatan tersebut. “Itu saya tidak bisa jawab,” pungkasnya.

Cukup disayangkan kedua pihak tidak hadir dalam sidang perdana gugatan perceraian tersebut. Padahal, kehadiran pihak tergugat maupun penggugat telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama. 

Dalam Pasal 82 ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 menyebutkan, “Dalam sidang perdamaian tersebut, suami istri harus datang secara pribadi, kecuali apabila salah satu pihak bertempat kediaman di luar negeri, dan tidak dapat datang menghadap secara pribadi dapat diwakili oleh kuasanya yang secara khusus dikuasakan untuk itu.”

Sedangkan dalam Pasal 82 ayat (1) Nomor 7 Tahun 1989 mengatakan, “Pada sidang pertama pemeriksaan gugatan perceraian, Hakim berusaha mendamaikan kedua pihak”.

Telah diberitakan, Ruben Onsu secara resmi telah melayangkan gugatan cerai terhadap Sarwendah, 9 Juni 2024 lalu. Kabar tersebut menjadi perhatian publik karena rumah tangga Ruben dan Sarwendah tidak pernah diterpa isu tak sedap. 

Kabar perceraian keduanya diungkap oleh humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Tumpanuli Marbun. Dia membenarkan pemberitaan adanya gugatan dari artis berinisial RSO.

| Baca Juga : Sarwendah Liburan ke Korsel, Ruben Onsu Asik Makan Di Trotoar

“Ada gugatan dari penggugat atas nama RSO kepada S mengenai gugatan perceraian yang didaftarkan pada 9 Juni 2024,” katanya ketika ditemui media pada Rabu (12/06).

Menurut Tumpanuli, Ruben Onsu melayangkan gugatan cerai melalui kuasa hukumnya, Minola Sebayang.

“Penggugat itu RSO, lewat kuasa hukumnya. Sudah pasti alasan perceraian itu dituangkan dalam gugatan, akan tetapi karena perkara ini perkara perceraian dalam ruang lingkup privat, kami tidak bisa menginformasikannya kepada masyarakat umum,” sambungnya. 

Dia juga menerangkan, tidak ada hal lain yang dimasukkan ke dalam gugatan selain perceraian. Ruben tidak membahas mengenai hak asuh anak maupun harta gono gini dalam gugatannya. 

“Perceraian, hak asuh anak tidak ada. (Gono gini) tidak ada. Murni hanya perceraian,” ujarnya lagi. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here