Kerap Dianggap Salah, Ini Manfaat Mandi Malam Hari

Manfaat Mandi Malam untuk Kesehatan (Foto : Istockphoto)

Tak banyak orang mandi saat malam hari. Biasanya hal itu dilakukan setiap pagi dan menjadi rutinitas sebelum memulai aktivitas. Mandi memang dapat membuat tubuh segar, bahkan bertenaga.

Tapi tahukah kalian, kalau mandi di malam hari juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui? 

Mandi di malam hari tidak hanya akan membantu membersihkan tubuh, tetapi juga dapat menawarkan berbagai keuntungan yang bisa meningkatkan kualitas hidup kalian.

| Baca Juga : Dapat Pengaruhi Mental, Ini Efek Buruk Kurang Tidur Bagi Tubuh

1. Membantu Relaksasi

Mandi di malam hari dapat mengurangi tingkat stres serta kecemasan. Air hangat yang mengelilingi tubuh, dapat membuat kita merasa lebih tenang dan rileks usai menjalani hari. 

Studi dari University of Texas juga menunjukkan bahwa, mandi satu hingga dua jam sebelum tidur pada suhu antara 40-42 derajat Celcius dapat meningkatkan kualitas tidur.

2. Mengurangi Potensi Jerawat

Kulit memang dapat mengumpulkan kotoran, keringat, dan minyak sepanjang hari. Dengan mandi di malam hari, dapat membersihkan pori-pori kulit dari kotoran tersebut. Hal ini yang dapat mencegah iritasi kulit dan munculnya jerawat.

| Baca Juga : Bisa Turunkan Berat Badan, Berikut Manfaat Air Hangat untuk Tubuh

3. Membersihkan Kuman dari Tempat Tidur

Dengan mandi sebelum tidur, kalian dapat mengurangi kemungkinan untuk memindahkan bakteri dan kotoran dari kulit ke bantal hingga tempat tidur kalian. 

Kulit dan rambut yang bersih, dapat membantu menjaga kebersihan dan mengurangi risiko jerawat.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi dengan air hangat juga diyakini dapat meningkatkan suhu inti tubuh, yang kemudian dapat menurun dengan cepat, memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi melatonin yang merupakan hormon untuk tidur. 

Proses tersebut akan membantu kalian agar dapat tertidur lebih cepat, dan juga tertidur dengan lebih nyenyak. 

5. Meredakan Gejala Pilek dan Flu

Uap yang dihasilkan dari mandi air hangat, dapat mengurangi resiko hidung tersumbat dan meredakan batuk. 

Uap dapat membantu untuk membersihkan saluran pada hidung dan juga mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here