Menegangkan, Aksi Penyelamatan Pasien Kritis di Kapal Pesiar Carnival Venezia

Aksi penyelamatan pasien kritis di kapal pesiar Carnival Venezia. Foto: Dok.USAF/SNWF
Aksi penyelamatan pasien kritis di kapal pesiar Carnival Venezia. Foto: Dok.USAF/SNWF

Seorang penumpang kapal pesiar Carnival Venezia, harus segera dievakuasi karena kondisinya kritis. Beberapa regu penyelamat dikerahkan untuk melakukan penyelamatan pasien kapal pesiar itu, yang keberadaannya di perairan terpencil di lepas pantai timur, Amerika Serikat.

Momen menegangkan sekaligus dramatis dalam proses penyelamatan itu tersebar di media sosial. Terlihat tim US Air Force Rescue mengangkat penumpang itu, dari dek kapal Carnival Venezia di atas ketinggiaan 300 meter pada 4 Mei 2024 lalu.

Dua helikopter mendekati kapal untuk melakukan observasi, sebelum akhirnya tim penyelamat turun untuk menyiapkan berbagai peralatan, yang akan dipakaikan ke penumpang kritis tersebut.

| Baca Juga: Duh! Jimin dan Jungkook ‘BTS’ Dapat Komentar Kasar dari Kapten Kapal Pesiar

Petugas diturunkan dari helikopter untuk membantu penumpang kapal yang kritis
Tampak dalam foto adalah anggota 920 Rescue Wing yang berhasil melakukan misi penyelamatan medis terhadap seorang pasien kritis di atas kapal pesiar Carnival Venezia

Pasien yang tidak disebutkan namanya itu, disertai dengan satu pendamping, diangkut dalam sebuah helikopter. Mereka kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk ditangani lebih lanjut. Sampai saat ini, kondisi penumpang itu masih belum diketahui.

Kapten Dylan Gann, pilot Skuadron Penyelamat 301, menyebutkan misi itu sangat menegangkan. Mereka harus beradu kecepatan dengan waktu dan nyawa manusia. “Semua orang di sayap bergerak dengan kecepatan luar biasa,” kenang Kapten Dylan Gann.

“Dengan menyatukan upaya kami, kami menghemat waktu yang sangat penting, memberikan pantuan penyelamatan nyawa, enam jam lebih cepat daripada tim tanggap darurat lainnya,” imbuhnya.

Kapten Gann menambahkan, dengan kerja keras dan kekompakan tim, maka aksi penyelamatan ini bisa berakhir dengan memuaskan.

“Tekad dan efisiensi waktu yang kami hasilkan, sangatlan menentukan keberhasilan penyelamatan dan pengangkutan pasien yang sedang dalam kondisi darurat,” paparnya.

| Baca Juga: Jeff Bezos Lamar Lauren Sanchez di Kapal Pesiar Senilai Rp7,4 Triliun

Helikopter HH-60G Pave Hawk menerima bahan bakar dari HC-130J Combat King II selama misi penyelamatan

Kapal Carnival Venezia berlayar dari New York pada tanggal 26 April lalu. Kapal ini rencananya akan berlayar selama 10 hari untuk pergi ke Pulau Bahama dan Karibia. Di sepanjang perjalanan, kapal pesiar ini sudah diisi bensin sebanyak tiga kali, sebelum akhirnya berlayar di laut lepas di wilayah Samudra Atlantik.

Kapal ini rencananya akan melanjutkan pelayaran di perairan Karibia Timur selama 11 hari, sebelum akhirnya menuju St Thomas, San Juan, Grand Turk, Amber Cove, dan Half Moon Cay. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here