Yuk Coba Ide Liburan Keluarga Murah Ini untuk Mempererat Silahturahmi

Foto: Dok. Freepik

Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Pastinya ini menjadi momen yang istimewa bagi kaum Muslim karena memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah.

Selama libur Lebaran, mungkin ada beberapa diantara kalian yang kebingungan, apa yang harus dilakukan untuk menghabiskan waktu. Nah, kamu bisa coba ide liburan murah ini bersama keluarga. Check this out!

  1. Memasak Bersama

Libur Lebaran biasanya identik dengan berkumpul bersama keluarga besar, tak ada salahnya bila kita menyediakan kudapan untuk mereka. Memasak adalah salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan bersama keluarga. Ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi secara langsung, berbicara, dan tertawa bersama.

Dari kegiatan memasak bersama ini pula, kamu dapat menjadi contoh yang baik bagi anak atau saudara-saudaramu yang masih kecil. Kamu bisa memperkenalkan mereka jenis sayur-mayur, cara memasak yang baik dan aman, dan juga membiasakan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Intip Serunya Liburan Akhir Tahun Para Selebriti ke Luar Negeri

  1. Berkebun

Kebun di halaman rumah tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan, tetapi juga menciptakan ruang hijau yang indah dan menenangkan.

Bila kamu memiliki halaman yang cukup luas, kamu bisa mengajak keluarga untuk berkebun dan bercocok tanam. Biaya yang dikeluarkan pun tak banyak. Hanya perlu menyiapkan pupuk dan alat berkebun saja!

Sehabis memasak, sisahkan biji-biji buah ataupun sayur yang tidak terpakai dan tanamlah di kebun. Dilansir dari Gardening Know How, ide liburan murah satu ini sangat baik untuk aktifitas fisik, loh!

  1. Menelusuri Hobi

Kamu dan anggota keluargamu bisa mengasah keterampilan sesuai hobi masing-masing! Tak perlu susah, hobi bisa berupa apa saja. Menggambar, melukis, memotret, sampai bermain permainan yang ringan.

Setiap anggota keluarga dapat memperkenalkan hobi mereka masing-masing. Siapa tahu, kamu akan menemukan bakat terpendammu. Kegiatan ini cukup menyenangkan dan dapat menyegarkan pikiran sebelum liburan berakhir.

  1. Piknik

Eits, piknik yang satu ini tidak mengharuskanmu dan keluarga untuk pergi ke luar kota, loh. Kamu bisa menyiapkan acara piknik di taman, pantai terdekat, atau bahkan di halaman rumah.

Kamu bisa bermain, berjalan-jalan, atau sekadar bersantai sambil menikmati alam. Dilansir dari Picnic People San Diego, selain mempererat tali silahturahmi, ide liburan murah ini dapat menghilangkan stress, membuat mood menjadi bagus, hingga dapat menambah asupan vitamin D!

  1. Kunjungan Edukasi

Banyak taman kota, museum, dan juga perpustakaan yang menawarkan biaya masuk terjangkau atau bahkan gratis. Kamu dapat menikmati waktu bersama keluarga sembari belajar dan mengeksplorasi tempat-tempat menarik ini.

Kunjungan edukasi dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi seluruh keluarga, tidak hanya dalam meningkatkan pengetahuan, tetapi juga dalam memperkuat hubungan, mengembangkan keterampilan, dan membentuk mental sehat, positif, dan terbuka pada pembelajaran dan penemuan baru.

Baca Juga: 5 Ide Memanfaatkan Liburan Akhir Tahun Untuk Guru dan Murid

  1. Kegiatan Sosial

Walaupun tidak memiliki banyak anggota, namun jangan salah, keluarga kecil juga dapat berperan aktif dalam melakukan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kamu bisa berkontribusi pada komunitas lokal, seperti kegiatan pembersihan lingkungan, perlindungan flora dan fauna, penggalangan dana, saling membantu tetangga sekitar, dan lainnya.

Dengan kegiatan ini, dapat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kepedulian terhadap lingkungan, sosial, dan berbagi dengan sesama melalui contoh nyata.

  1. Playdate

Ide liburan murah berikutnya adalah merayakan pesta kecil-kecilan bersama kerabat.  Selain dapat berkumpul bersama dan menikmati syahdunya momen lebaran, kamu juga mempererat tali silahturahmi antar saudara.

Menurut Playground Resource, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasimu, loh. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here