5 Rekomendasi Novel Islami Romantis yang Menarik untuk Dibaca

Foto: Dok. wikimedia/bukurepublika

Selain menonton film dan mendengarkan lagu, membaca novel juga menjadi kegiatan yang disukai banyak orang. Mudahnya akses untuk membaca berbagai genre novel, membuat peminat pembaca semakin meningkat.

Biasanya, tema yang paling populer untuk dibaca adalah soal percintaan. Nah, Nyata telah merangkum 5 rekomendasi novel Islami romantis yang menarik untuk kamu baca. Yuk simak di bawah ini!

1. Surga yang Tak Dirindukan – Asma Nadia

Rekomendasi novel Islami romantis pertama adalah Surga yang Tak Dirindukan karya Asmarani Rosalba, atau yang dikenal dengan nama penanya, Asma Nadia.

Novel ini bercerita tentang kehidupan dua perempuan yang memiliki karakter berbeda, dan dipertemukan karena menikahi laki-laki yang sama.

Perempuan pertama bernama Arini. Dia adalah seorang penulis sukses, lulusan kampus ternama dan seorang istri cantik nan lembut juga sabar.

Tokoh perempuan kedua bernama Meirose, yaitu wanita cantik berdarah Tionghoa yang memiliki karir sukses, akan tetapi kurang beruntung dalam percintaan dan keluarga. Ia bahkan ingin mengakhiri hidupnya karena hamil di luar nikah. Sampai pada akhirnya, ia ditolong oleh laki-laki bernama Andika Prasetya. Poligami menjadi isu besar yang diangkat dalam novel ini.

Baca Juga: Tak Hanya Dilan Milea, Pidi Baiq Sudah Siapkan Novel Lain untuk Diadaptasi Jadi Film

2. Negeri 5 Menara – A. Fuadi

Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi merupakan rekomendasi novel Islami berikutnya. Novel ini bertemakan pendidikan santri dan persahabatan. Adapun novel Negeri 5 Menara menceritakan kehidupan Alif bersama lima sahabatnya yang berasal dari latar belakang  yang berbeda. Mereka dipertemukan saat menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Madani (PM), Ponorogo, Jawa Timur.

Tanpa diniatkan sejak awal, nyatanya mereka mempunyai mimpi dan juga cita- cita yang sama, yaitu ingin menjelajah Benua Eropa dan Amerika. Ada sedikit bumbu romantis dalam cerita Negeri 5 Menara.

3. Ayat-Ayat Cinta – Habiburrahman El Shirazy

Rekomendasi novel Islam selanjutnya adalah Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Novel ini berkisah tentang perjalanan hidup Fahri seorang mahasiswa asal Indonesia yang sedang menjalani studi di Universitas Al-Azhar Mesir. Sebagai lelaki yang Sholeh, cerdas dan juga terpelajar, Fahri pun banyak disukai perempuan.

Sampai pada akhirnya, dia menjatuhkan pilihannya kepada Aisyah, yaitu perempuan bercadar berdarah campuran Jerman-Turki yang juga melakukan studi di Mesir (mereka bertemu di sebuah trem). Dalam novel ini juga mengandung pesan toleransi serta mengangkat isu kekerasan terhadap perempuan.

4. 99 Cahaya di Langit Eropa – Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Selanjutnya ada 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Novel ini berisikan tentang kisah Hanum dan Rangga selama 3 tahun hidup di Eropa.

Kedua penulis ini menemukan banyak sekali hal-hal indah di Eropa, termasuk Wina yang ada di Austria, Granada dan Codroba yang ada di Spanyol, Paris di Prancis, dan Istanbul di Turki.

Hanum dan Rangga juga baru mengetahui banyaknya hal tentang kejayaan Islam yang ada di Eropa, sejak bertemu Fatma Pasha, seorang imigran asal Turki. Selain itu, novel ini mengajarkan kita untuk bersikap toleransi terhadap agama lainnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Novel Akiyoshi Rikako yang Penuh Plot Twist. Penggemar Thriller Wajib Baca!

5. Cinta di Ujung Sajadah – Asma Nadia

Terakhir ada Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Mengisahkan tentang seorang remaja bernama cinta, yang tinggal bersama ayah kandung, ibu tiri, dan kedua saudara tirinya bernama Anggun dan Cantik.

Keluarga Cinta tidak harmonis, sebab ayahnya lebih memihak ibu dan kedua saudara tirinya. Apapun yang dilakukan Cinta, selalu dianggap salah di mata kedua saudara tirinya.

Hingga pada suatu hari, Cinta bertemu dengan seorang lelaki bernama Makky Matahari Muhammad, yang merupakan tetangga barunya. Ia adalah orang yang humoris, yang  mengenalkan Cinta akan dunia fotografi.

Singkat cerita, Cinta harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan berliku saat berpisah denga Makky. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here