Sering Pakai Berlian Buatan, Ahli Perhiasan Sebut Meghan Markle Menyesatkan

Foto: Dok. PA/Reuters

Saat masih menjadi anggota Keluarga Kerajaan, Meghan Markle dalam penampilannya selalu tampil dengan gebrakan baru. Seperti pada tahun 2019, saat ia melakukan kunjungan resmi di suatu acara, Meghan terlihat memakai anting dari Kimai, brand perhiasan yang memiliki spesialiasasi di bidang berlian buatan.

Meghan saat itu mengenakan anting Felicity emas 18 karat seharga $806 atau setara Rp12,3 juta. Hal ini tentunya cukup unik, mengingat setiap bangsawan Inggris selalu memiliki koleksi perhiasan asli berharga fantastis. Sementara Meghan memilih mengenakan berlian buatan manusia yang harganya jauh lebih murah dibanding koleksi perhiasan kerajaan lainnya.

Salah satu pendiri Kimai, Sidney Neuhaus, menjelaskan apa yang membedakan berlian asli dengan berlian buatan manusia. Berlian buatan manusia dibudidayakan lewat penelitian laboratorium, sehingga terciptalah berlian yang tak kalah cantik namun juga ramah lingkungan.

“Mereka dibuat di laboratorium di Belgia, seperti berlian yang dibudidayakan,” jelas Sidney, yang keluarganya juga berkecimpung di industri perhiasan.

Ia menambahkan, “Berlian buatan itu memiliki sifat yang persis sama dengan berlian yang ditambang, tetapi ramah lingkungan dan tidak terlalu kontroversial.”

|Baca Juga: Mendiang Ratu Elizabeth Tak Pernah Berhenti Berharap Harry-Meghan kembali ke Kerajaan Inggris

Foto: Dok. PA/Reuters

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pengusaha berlian di Inggris, Gary Ingran.

“Berlian yang ditanam di laboratorium dipotong dan dipoles oleh pengrajin yang sama dengan berlian yang ditambang di bumi,” ucap Gary Ingran, selaku CEO The DiamondStore.co.uk kepada DailyMail.

“Tidak ada perbedaan yang terlihat di antara mereka yang dapat dilihat oleh perhiasan mana pun, mereka identik. Mereka hanya dapat diidentifikasi dengan menggunakan peralatan khusus yang ditemukan di laboratorium,” imbuhnya.

|Baca Juga: Ditinggal Pangeran Harry ke Jepang, Meghan Markle Nonton Konser Taylor Swift Bareng Teman

Meski memiliki banyak keunggulan, terutama untuk lingkungan. Tindakan Meghan itu justru mendapatkan kritikan dari ahli perhiasan, Eddie LeVian.

Menurut Eddie, tindakan Duschess of Sussex yang mengenakan berlian buatan saat kunjungan Kerajaan bukanlah sesuatu yang istimewa. Justru hal itu dinilai ‘menyesatkan’.

“Saya hanya khawatir orang akan mengira itu sama saja dengan berlian. Padahal itu menyesatkan,” ucap Eddie.

Ia menambahkan, “Jika Pangeran Harry melamar Anda dengan berlian buatan manusia, apakah anda akan menerimanya? Saya yakin kalau itu Meghan, dia pasti menerimanya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here