Kisah Romantis Dibalik Cincin Tunangan Kate Middleton

Foto: Dok. MAX MUMBY/INDIGO/GETTY

Cincin tunangan Kate Middleton yang diturunkan dari Putri Diana ternyata memiliki kisah romantis dibaliknya. Cincin ikonik itu disematkan oleh Pangeran William saat melamar Kate pada tahun 2010 lalu.

Usut punya usut, ternyata cincin itu pernah diberikan Pangeran Charles untuk melamar Putri Diana. Faktanya, cincin itu dibuat khusus sesuai dengan desain pertengahan abad ke-19.

Desainer cincin tersebut, Gerrard, terinspirasi dari perhiasan yang dibuat khusus Pangeran Albert untuk calon istrinya, Ratu Victoria, pada tahun 1840. Sebuah batu safir besar yang dikelilingi oleh dua belas berlian dan dilapisi emas.

Perhiasan itu menjadi favorit Ratu Victoria, bahkan ia memakainya di hari pernikahannya. Sampai dua puluh tahun lamanya ia masih memakai perhiasan berwarna biru itu. Saat ia meninggal pada tahun 1901, Ratu telah mewariskan perhiasan tersebut untuk dipakai di mahkota kerajaan. Setiap Raja, Ratu dan calon permaisuri wajib memakai mahkota tersebut. Ratu Elizabeth pun telah memakai mahkota itu berkali-kali selama hidupnya, termasuk saat ia menghadiri acara penting Kerajaan Inggris.

|Baca Juga: Makin Romantis! Pangeran William dan Kate Middleton Mesra-mesraan di Pertandingan Polo

Foto: Dok. TIM GRAHAM PHOTO LIBRARY VIA GETTY IMAGES; CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/People

Menurut Garrard, Pangeran Charles secara khusus mempersembahkan cincin itu kepada Diana sebagai persiapan lamaran. Cincin itu berhiaskan batu Safir dan berlian yang mengingatkannya pada mahkota yang sering dipakai nenek dan ibunya. Selain itu, warna mata Putri Diana juga sangat cocok untuk cincin mewah tersebut.

Cincin itu berhiaskan safir ceylon oval 12 karat dan dikelilingi oleh 14 berlian solitaire. Pada tahun 1981 ketika Charles melamar Diana, cincin itu bernilai $37.500 atau setara Rp556 juta. Kini perhiasan itu dinilai tak terhingga karena sejarah yang dimilikinya.

|Baca Juga: Coba Suasana Baru, Pangeran William dan Kate Middleton Ajak Anak Berlibur Naik Helikopter

Saat William melamar Kate, ia merasa cincin itu sangat istimewa dalam hidupnya.

“Ini cincin pertunangan ibuku jadi saya pikir itu sudah jelas. Dia (Putri Diana, red) tidak akan ada untuk berbagi kesenangan dan kegembiraan, tetapi ini adalah cara saya untuk bisa membuatnya tetap dekat dengan itu semua,” ungkap William sebelum hari pernikahannya.

Batu safir sudah menjadi permata wajib yang digunakan para wanita Kerajaan Inggris. Selain Kate Middleton dan Putri Diana, ada juga Putri Anne dan Putri Eugene yang memakai safir sebagai cincin pertunangan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here