10 Tanda Kamu Sering Kena Gaslighting. Waspadalah!

Foto: Dok. domesticshelters

Gaslighting dapat terjadi pada diri setiap orang dan kondisi apa pun, termasuk dalam hubungan asmara, pertemanan dan keluarga. Gaslighting merupakan tindakan yang bisa memanipulasi orang untuk mengikuti kemauan orang lain. 

Sikap ini dapat membuatmu tidak percaya diri, lho. Dilansir The Sun, ini 10 tanda gaslighting yang bisa saja menimpa dirimu. Simak terus ya! 

1. Menyebutmu Si Sumber Masalah  

Orang yang melakukan gaslighting akan selalu memanipulasimu sebagai biang masalah.. Ketika kamu curhat tentang masalahmu, mereka menyebutmu sebagai orang yang tidak bersyukur. 

2. Mereka Menyebutmu Si Baperan 

Saat kamu menjadi bahan bercandaan di tongkrongan, kamu akan merasa tidak nyaman. Ketika kamu memprotes hal itu, mereka akan menyebutmu si baperan dan tidak mempunyai selera humor. Hindari hubungan seperti ini, ya! 

3. Reaksi Palsu

Reaksi palsu juga merupakan tanda gaslighting dalam hubungan. Mereka akan membuat reaksi yang tidak sesuai dengan perkataannya. Contohnya, ketika kamu memberi doi makanan buatanmu, doi membuat raut wajah yang jijik sebagai tanda penolakan. Namun, doi akan memberikan reaksi palsu bahwa makananmu itu terasa enak. 

|Baca Juga: 8 Masalah Kesehatan yang Biasa Terjadi Pada Wanita

4. Mereka Mengatakan Kamu Terlalu Berharap 

Mereka berkata bahwa akan selalu ada untukmu. Namun, ketika kamu mempertanyakan hal itu, mereka akan menuduhmu melakukan kekerasan emosional dalam hubungan tersebut. 

5. Memanipulasi Ingatan

Orang yang melakukan gaslight akan memanipulasi ingatanmu dan membuat skenario palsu. Padahal kamu sendiri tidak pernah mengalami itu. Waspada dengan orang seperti ini, ya. 

Foto: Dok. rexx-systems

6. Mereka Berpura-pura Perhatian Kepadamu 

Mereka akan terus mendikte hal-hal buruk tentangmu dan tidak menyukai adanya hal baik di dalam hidupmu. Ketika hidupmu berjalan lancar, mereka akan menyinggung hal-hal negatif yang telah terjadi di masa lampau. 

7. Menghiraukan Kesedihanmu 

Merasa sedih adalah hal yang lumrah, terkadang kamu perlu seseorang untuk menjadi tempat curhat. Di saat kamu cerita, mereka tidak mendengarkan keluh kesahmu. Melainkan, mereka membuatmu merasa bersalah karena memiliki perasaan itu. 

8. Mereka Memberimu Pujian Palsu 

Tanda dirimu di-gaslight orang lain adalah saat kamu diberi pujian palsu atau back-handed compliment. Salah satu contohnya nih, “Kamu cantik ya memakai gaun ini, tapi lebih bagus yang minggu lalu, sih.”. Nah kalimat itu terdengar seperti pujian, tetapi sebenarnya hal itu adalah celaan. 

|Baca Juga: 10 Arti Mimpi Paling Umum di Dunia Menurut Ahli

9. Suka Mengingkari Janji 

Tanda gaslighting selanjutnya adalah ketika kekasih atau temanmu sering mengingkari janji. Harus digaris bawahi di sini adalah dia tidak pernah merasa bersalah melakukan hal tersebut. Ketika kamu ingin membahas hal ini, dia akan terus berkata bahwa janji itu tak pernah ada. Melainkan, dia memanipulasi pikiranmu bahwa janji tersebut hanya bualanmu saja. 

10. Mereka Terus Mengecek Ponselmu 

Ponsel menyimpan hal-hal privasi yang kamu miliki. Namun, dia terus mengecek isi ponselmu. Saat kamu protes terhadap kelakuannya, mereka mencari alasan yang tak masuk akal bahwa hal itu yang membuat kalian menjadi dekat.*mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here