IFC Boyong 17 Desainer ke Front Row Paris 2022

Indonesian Fashion Chamber (IFC) kembali menggaungkan fashion Indonesia di Eropa. Setelah menghelat acara La Mode Sur La Seine a Paris pada tahun 2018 dan 2019, IFC bakal tampil di acara Front Row Paris 2022, pada 3-4 September 2022 mendatang.

Sebanyak 17 desainer dari IFC akan diboyong ke acara tersebut. Mereka antara lain Ali Charisma, Deden Siswanto, Lisa Fitria, Lenny Agustin, Nina Nugroho, Tenun Gaya by Wignyo, dan masih banyak lagi.

Dikatakan National Chairman IFC Ali Charisma, setelah sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, pihaknya ingin membuktikan konsistensi untuk kembali menggaungkan fashion Indonesia di kancah Eropa.

”Ini sejalan dengan target Pemerintah untuk menjadikan Indoensia sebagai salah satu pusat fashion dunia,” kata Ali di Jakarta, Selasa (23/8) lalu.

National Chairmn IFC Ali Charisma (paling kanan). Foto: IST

|Baca Juga: 60 Desainer APPMI Jabar Tampilkan Karya Terkini di Fashionality 2022

Setiap desainer dan merek fashion yang berpartisipasi akan menghadirkan koleksi busana konvensional, modern hingga muslim dengan keragaman konten lokal sesuai tren global.

Selain itu mereka juga menggunakan motif dan wastra Nusantara. Seperti motif batik keraton Cirebon, batik kawung, kain tenun Sumba, kain tenun Garut, dan masih banyak lagi.

Mereka juga mengusung konsep fashion berkelanjutan yang sedang jadi perhatian dunia. Di antaranya menggunakan material yang ramah lingkungan, pewarna alam dan minim limbah.

Di Kapal Pesiar

Bertajuk Front Row, pada 3 September acara digelar di sebuah kapal pesiar Chansonnier (Bateux Chansonnier) yang menyusuri Sungai Seine di Paris.

Keesokan harinya dilanjutkan dengan fashion show, business matching, dan pop up store di La Galerie Bourbon, Kota Paris, yang dihadiri oleh buyer dan media internasional. 

Salah satu busana yang akan ditampilkan di Front Row Paris 2022. Foto: IST

|Baca Juga: Hati-Hati! Fungal Acne Bisa Dipicu dari Pakaian Olahraga yang Kena Keringat

Tujuannya agar potensi desainer Indonesia yang telah memasuki pasar global dapat dikenal. Khususnya di Eropa yang berpengaruh besar terhadap industri fashion dunia. ”Front Row ini nantinya akan meliputi fashion showcase, business matching, hingga pop up store,” ujar Ali.

Ali berharap diselenggarakannya Front Row Paris 2022 bisa membantu mengenalkan desainer dan merek fashion Indonesia ke kancah dunia.

”Kami berharap akan semakin banyak media dan buyer dari negara-negara di Eropa yang hadir di Front Row Paris 2022. Juga membuka peluang kerja sama bisnis ke depannya dengan para desainer Indonesia,” ungkap Ali.*omi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here