Drama ‘Extraordinary Attorney Woo’ Akhirnya Dikomentari oleh Pengacara Autis Amerika

Foto: Dok. KBIZoom

Pengacara Amerika pertama dengan autisme, Haley Moss, akhirnya membagikan komentarnya tentang drama korea “Extraordinary Attorney Woo”. Ia disebut sebagai sosok kehidupan nyata karakter Woo Young Woo.

Dalam kanal YouTube KBS News “KLAB”, sebuah video berjudul “Extraordinary Attorney Woo dilihat oleh Haley Moss, seorang pengacara autis Amerika yang terkenal” telah diposting baru-baru ini. Ia tampil memperkenalkan dirinya sebagai pengacara, seniman dan penulis dengan autisme.

Haley sangat mengapresiasi drama yang dibintangi Park Eun Bin dan Kang Tae Oh itu. “Ada begitu banyak tentang pertunjukan yang benar-benar saya sukai. Sering kali ketika saya melihat autisme di TV, saya sangat kritis dan gugup karena saya menyadari bahwa itulah yang nantinya akan dipikirkan orang tentang saya atau orang lain seperti saya. Wanita dewasa dan autis biasanya kurang terwakili di TV tetapi ‘Extraordinary Attorney Woo’ tidak terasa seperti stereotip tentang autisme.” ungkapnya.

Haley juga bersimpati dengan karakter Woo Young Woo yang makan menu yang sama setiap hari, ia juga memakai headphone untuk menghindari kebisingan.

|Baca Juga: Prilly Latuconsina Ungkap Fakta Mengejutkan saat Syuting Bareng Reza Rahadian

Foto: Dok. KBIZoom

Haley didiagnosis gangguan spektrum autisme sejak usia tiga tahun. Dia adalah seorang gadis yang bersemangat dalam segala hal, ia bahkan menuliskan cerita hidupnya dari usianya masih 15 tahun.

Ia kemudian memutuskan untuk pergi kuliah di mana ia memperoleh gelar sarjana dalam bidang psikologi kriminologi dan gelar Ph.D. hukum di University of Miami tiga tahun kemudian.

|Baca Juga: Setelah Kesal Gara-Gara Aliando, Prilly Latuconsina Kini Jadi Obat Nyamuk Angga Yunanda

Haley mengatakan bahwa dia suka berkerja sebagai pengacara, tetapi saat ia membela orang disabilitas, dia menjadi jauh lebih bersemangat untuk membantu. Oleh sebab itu, ia kini bekerja sebagai aktivis hak asasi manusia bagi penyandang disabilitas.

Ia berharap dengan adanya drama “Extraordinary Attorney Woo” bisa merubah pandangan publik tentang penyandang autisme.

“Apa yang terasa seperti fantasi bagiku tentang menonton drama seperti ini adalah cara orang lain memandang hal-hal yang sulit bagi kita dan mengakui keberadaan kita. Orang-orang selalu tampak sangat mendukung Woo Young Woo, dan saya pikir itu juga sedikit fantasi,” imbuhnya.

Terakhir ia mengungkapkan harapannya agar orang penyandang autis bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat, “Kami benar-benar tidak jauh berbeda dari Anda. Kami hanya membutuhkan lebih banyak dukungan dari waktu ke waktu”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here