60 Desainer APPMI Jabar Tampilkan Karya Terkini di Fashionality 2022

Setelah tiga tahun vakum akibat pandemi COVID-19, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Jawa Barat kembali menggelar eksibisi dan pertunjukan busana.

Mengambil konsep Fashion and Nationality (Fashionality), acara terserbut digelar di Trans Convention Center Bandung, mulai 224-26 Agustus 2022.Tema yang diusung Modest Est Mode. Sebanyak 60 perancang anggota APPMI menampilkan lebih dari 300 outfit hasil karya terkini mereka.

Dikatakan Ketua APPMI Jawa Barat Harry Ibrahim, Modest est Mode mengedepankan padu padan gaya, material dan unsur lokal sebagai pembentuk budaya nasional dengan unsur busana muslim modern yang universal.

Ketua APPMI Jawa Barat Harry Ibrahi. Foto: IST

|Baca Juga: Adu Gaya 10 Seleb Wanita Hollywood Kenakan Hotpants Denim

Keenam puluh perancang yang terlibat, menampilkan karya terkini mereka yang sangat signifikan untuk memberikan informasi di bidang fashion,” ujar Harry.

Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono mengapreasiasi acara tersebut. APPMI menilai Modest Est Mode sebagai upaya rintisan World Modest Fashion Week pertama di Indonesia yang akan digelar tahun depan. 

Modest Est Mode berasal dari kata Modest dan Mode. Makna tersebut berusaha mengedepankan padu-padan gaya, material dan unsur local sebagai pembentuk budaya nasional,” kata Poppy.

Sustainable Fashion

Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono. Foto: IST

Ditambahkan Poppy, Jawa Barat memiliki industri fashion yang berkembang sangat besar dari hulu ke hilir. Proses panjang perkembangan industri fashion juga menggerakkan APPMI mengangkat konsep sustainable fashion, yakni konsep yang mengedepankan kualitas produk dan cara produksi yang ramah lingkungan.

Pada akhirnya masyarakat membutuhkan konsep eco fashion yang mendukung kelestarian alam, serta mampu membawa nama fashion Indonesia di kancah industri fashion dalam dan luar negeri.

|Baca Juga: 11 Gaun Pengantin Kerajaan Eropa Terbaik Sepanjang Masa

Kepala Devisi Bank Indonesia (BI) Tanti Mulyati mengatakan, BI mendukung kelestarian lingkungan. Menurutnya, tren aktivitas perekonomian dunia saat ini menuju ke green eco. Produk Ekraf Jabar yang mendukung green eco seperti pewarna alam dan recycle fashion.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh perhelatan Modest est Mode guna mendukung produk lokal Indonesia. ”Fashion memiliki potensi yang besar di Indonesia setelah kuliner,” kata Sandiaga. *omi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here