Dear Tiara Andini, Korban Pelecehan Seksual Menunggu Permintaan Maafmu

1-tiara-andini-pelecehan-seksual
Foto: Dok. Instagram Tiara Andini

Penyanyi Tiara Andini jadi trending topic usai menuliskan cuitannya tentang pelecehan seksual. Diduga kuat dia menyinggung soal skandal video ciuman Adhisty Zara dan Niko Al Hakim yang viral. Niko juga sempat terciduk live di Instagram dengan candaan vulgar bareng kedua sahabatnya.

“Habis close friend skrg ada lagi yaitu sexual harassment. Kek gini gabisa nyalahin salah satu pihak doang. Mau cewenya ato cowonya duluan, tapi kalo emang keduanya open? Ini pentingnya punya harga diri”

Menurut Tiara pelecehan seksual tak akan terjadi ketika korban mau melawan. Ia mengibaratkan melawan si pelaku pelecehan adalah hal yang mudah. Bahkan, cuitan Tiara itu seakan memojokkan korban.

Kalau soal ini menurut aku nggak ada korban. Karena yang melakukan kedua belah pihak. Kita diciptakan tangan dan kaki untuk melawan. Diciptakan otak untuk berpikir,” cuit pemilik nama lengkap Tiara Anugrah Eka Setyo Andini tersebut. 

Tentu tulisan perempuan kelahiran 23 September 2001 ini membuat warganet geram. Tiara Andini seakan tak menaruh simpati pada korban pelecehan seksual. 

tiara-andini-menang-kalahkan-lyodra-ginting
Tiara Andini. Foto: FD Photography

Baca juga: Tiara Andini Siap Beri Kejutan untuk Penggemar

Warganet berbondong-bondong memberikan respons keras untuk jebolan Indonesian Idol itu. Mereka mengatakan kalau Tiara tidak paham tentang perbedaan tentang hubungan konsensual dan pelecehan. Bahkan ada korban pelecehan seksual yang merasa tersakiti dengan cuitan Tiara.

“Tiara, pahami dulu ya perbedaan antara konsensual dan pelecehan. Harga diri di sini ga ada hubungannya. Daripada setelah ini opini kamu jadi blunder, mending kamu nyanyi aja.” cuit akun @centwijaya. “Tiara…Tiara…. belajar dulu bedanya consent sama harrasment yaa, gak usah sok beropini nyanyi aja udahh,” sahut akun @rikasilviana797.

“Tiara, sbg perempuan yg pernah jd korban. Jujur dua baris terakhir dari opinimu itu sangat amat menyakiti hati. kalau aku bisa milih, aku juga pengen sekali melawan pada saat itu. sampai detik ini aku masih menyalahkan diri sendiri “kenapa si dulu gak aku tendang?gak aku pukul” tulis akun @hisoo__ menambahkan. 

tiara-andini-pelecehan-seksual
Foto: Twitter Tiara Andini

Baca juga: Tiara Andini Kalahkan Lyodra Ginting

Setelah cutiannya dibanjiri hujatan warganet, Tiara memutuskan untuk menghapus tweet itu. Alih-alih mengisayaratkan penyesalan, Tiara justru mengunggah fotonya kala menirukan ekspresi emotikon wajah kecut.

tiara andini cuit twitter pelecehan seksual
Foto: Twitter Tiara Andini

Cuitan baru Tiara itu semakin membuat darah warganet mendidih. Mereka menuntut permintaan maaf dari Tiara. Tidak sedikit pula yang menyindir Tiara mengalami star syndrome. 

Tiara apakah kamu tidak minta maaf secara terbuka karena sudah berpikiran sempit dan berani mempublish opini dangkalmu itu? Bayangkan ada berapa banyak korban sexual harassment yang mungkin bakal sakit hati kalau baca tweet darimu,” tulis akun @Taurusboy_97. “Starsyndrom?,” sahut akun @Idilkuu. “Itulah pentingnya dilahirin dri kepala dulu baru kaki Bnyk mikir baru bertindak,” sindir akun @RioAprilio195. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here