Vokalis Band ini Bunuh Diri, Sekarang Rumah Masa Kecilnya Dipamerkan

Masih ingat Kurt Cobain? Vokalis Nirvana ini sangat terkenal tahun 1980 dan 1990-an. Sayang karirnya tidak bertahan lama, karena dia memilih bunuh diri. Namun Kurt Cobain meninggalkan beberapa warisan yang salah satunya adalah rumah masa kecil yang kini dipamerkan.

Kurt tumbuh di Washington di sebuah rumah mungil berdinding kayu. Bangunan seluas 140 meter persegi itu kini resmi dijadikan cagar budaya oleh Departemen Arkeologi dan Pelestarian Sejarah.

Tampak depan rumah masa kecil Kurt Cobain yang kini dipamerkan (Foto: Getty Image)

Baca Juga: 6 Perselisihan Sengit yang Tak Terlupakan di Ajang MTV VMA

Bagi yang penasaran ingin melihat, berbahagialah. Sebab sekarang rumah masa kecil itu dipamerkan. Semua penggemar di seluruh dunia bisa melakukan perjalanan ke masa lalu  untuk melihat tempat bintang rock ikonik itu dibesarkan.

Penyanyi kelahiran 20 Februari 1967 itu tinggal di rumah berlantai satu setengah yang berlokasi di Aberdeen itu dari 1968 hingga 1984. Rumah itu sekarang dimiliki Lee Bacon, dan dalam pengakuannya kepada Rolling Stone, dia mengembalikan 90 hingga 95 persen ke bentuk asli. Sehingga kesan vintage dan atmosfernya terasa.

Ruang keluarga (Foto: Getty Image)

Baca Juga: Menyusuri 7 Sudut Unik Rumah Anggun yang Terletak di Tengah Hutan. Asri Banget!

”Tujuan utama kami mengembalikan rumah itu seperti sedia kala sebagai bentuk penghormatan kepada Kurt. Kami bisa mengenang masa kanak-kanak dia dan bagaimana dia mengawali karirnya lewat museum ini,” papar Lee.  ”Tahap berikutnya adalah bagaimana mewujudkannya,” lanjutnya.

Dapur berwarna kuning kenari (Foto: Getty Image)

Saudari Kurt, Kim Cobain sangat mendukung usaha itu. ”Saya sangat menikmati terlibat dalam proyek ini. Saya ikut membantu memberi masukan seperti apa rumah kami kala itu,” kata Kim kepada Rolling Stone.  ”Saya juga berterima kasih kepada Lee dan Dani (istri Lee, red) yang mengambil alih rumah ini sejak tiga tahun lalu,” imbuhnya.

Lee dan Danielle, istrinya membeli langsung rumah itu dari keluarga Cobain tahun 2018, seharga USD225 ribu atau setara Rp 3,25 miliar. Tahun berikutnya, Lee yang bekerja di bisnis desain pencahayaan itu memulai proses restorasi. Dia mengecat eksterior yang awalnya berwarna kuning menjadi warna pakis untuk sisi terang dan mint untuk yang gelap yang sering digunakan era 70-an.

Kamar mandi dengan wallpaper bunga-bunga, khas tahun 70-an (Foto: Getty Image)

Sementara interiornya, termasuk meja makan asli, kasur dari kamar tidur dewasa serta set kamar tidur balita yang digunakan Kurt dan Kim, masih sama. Dapurnya sendiri juga dipertahankan dengan lemari kayu lapis khas 70-an dan meja raciknya dari formica warna kuning kenari.

Kurt Cobain, leader dan frontman Nirvana termasuk bintang rock yang sangat disukai, era 80 hingga 90-an. Dia bunuh diri pada 3 April 1994. Selain karya, dia meninggalkan banyak hal yang hingga kini terus dikenang. Sebagian barang-barangnya juga dilelang.

Seperti cardigan hijau, gitar MTV Unplugged dan foto-foto dirinya yang terjual lebih dari ratusan hingga ribuan dolar. Termasuk sejumput rambutnya yang dilelang awal tahun ini dan terjual USD13.800 atau setara Rp200 juta.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here