Penghargaan Gubernur Jatim bagi Filantropi Surabaya

Onny Asri (kiri) mewakili keluarga Nizar Ali dan Perkumpulan Ibu-ibu Lockdown

Peran masyarakat Surabaya dalam penanganan Covid-19 diapresiasi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dengan piagam penghargaan, yang diserahkan di RSUD dr Soetomo Surabaya, Jumat (29/08) lalu.

Penyerahan piagam penghargaan itu diberikan bersamaan dengan diresmikannya Ruang Isolasi Khusus (RIK) 7, Ruang VIP Wijaya Kusuma, Pusat Pelayanan Jantung Terpadu dan Klinik Obgyn bagi penderita Covid-19 di rumah sakit pusat rujukan Indonesia Timur itu.

penghargaan-gubernur-jatim-bagi-filantropi-surabaya
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Dirut RSUD Dr. Soetomo, Sekda Prov Jatim dan para penerima penghargaan. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Selain itu juga diresmikan pemakaian mobil pelayanan keliling jantung RSUD dr Soetomo Surabaya, yang akan mendatangi para penderita penyakit jantung yang membutuhkan, tetapi tidak bisa ke rumah sakit karena pandemi.

merry-tanhart-penghargaan-khofifah-guber-jawa-timur
Merry Tanhart (kiri) Ketua Persos Hwa Ind saat menerima penghargaan. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Baca juga: Masyarakat Surabaya Donasi 25 HFNC untuk RSUD Dr. Soetomo

Berkapasitas 29 bed, RIK 7 merupakan ruang perawatan intensif high care yang masing-masing bed dilengkapi dengan HFNC. Alat bantu nafas untuk pasien yang kondisi nafasnya belum terlalu parah, sehingga belum membutuhkan ventilator. Dengan HFNC, pernafasan pasien bisa diberikan tanpa harus ‘menidurkan’nya, seperti pada penggunaan ventilator.

Seperti yang pernah ditulis di edisi lalu, Nyata berhasil mengkordinasikan beberapa filantropi untuk menyumbang 42 HFNC dan 1 Oxygen Concentrator untuk penanganan Covid di RSUD dr Soetomo (25 HFNC), RS Lapangan Indrapura Surabaya (3), Rumkital dr Ramelan Surabaya (2), RS Pelabuhan (PHC) Surabaya (6), RSD Jember (2), RS Bhayangkara Kediri (1), RSUD Nganjuk (1 HFNC dan 1 OxyConc) dan 2 HFNC untuk RS di luar Jawa.

Selain itu para filantropi penerima penghargaan ini juga meminjam pakaikan lima kontainer untuk ruang high care darurat (sebelum ada RIK7) dan menyumbang AC untuk kontainer-kontainer tersebut, serta susu, kue, buah, vitamin C dan minuman herbal instan bagi para
nakes dan pendukungnya di RSUD dr Soetomo, RS Lapangan Indrapura dan beberapa rumah sakit selain yang tersebut di atas.

Baca juga: Be Happy Jadi Kunci Sukses RS Lapangan Indrapura Surabaya Bantu Pasien Covid-19

Filantrofi penerima penghargaan Gubernur Jatim itu adalah Tabloid Nyata, PT Matahari Sakti, PT Meratus Line, Perkumpulan Sosial Hwa Ind, Yayasan Surabaya Peduli Bangsa, Yayasan Sumber Pengayoman Sejati (SPS), Yayasan Generasi Peduli Kabar Baik (GenPed), Lions Club Surabaya Shining, Rotary Club Surabaja of Surabaya, Perkumpulan Ibu-Ibu Lockdown, Perkumpulan Jalan Pagi ‘Puri Galaxy’, Keluarga Nizar Ali, Keluarga alm Tam Wei Tong.

Selain itu Gubernur juga memberikan penghargaan kepada Dinas PU Cipta Karya Jatim dan Kementerian PUPR atas sumbangannya berupa pembangunan ruang-ruang yang diresmikan itu. Saat menyerahkan penghargaan dan meresmikan fasilitas-fasilitas tambahan itu, Gubernur didampingi Sekda Provinsi Jatim Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M dan Dirut RSUD dr Soetomo Surabaya, Dr. Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS (K). *aii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here