Kalahkan Solia, Boy Band China Ini Bubar Setelah Tiga Hari Debut

solia boy band
Panda Boys

Setelah grup K-Pop Solia yang menyatakan bubar setelah lima hari debut, kini boy band cilik asal China mengikuti jejak mereka. Hanya dalam waktu tiga hari, boyband bernama Panda Boys itu resmi bubar pada Selasa (24/8), setelah debut lewat single perdananya Sabtu (21/8) lalu.

Kalau Solia dibubarkan karena adanya kesulitan finansial, pembubaran boy band Panda Boys justru bubar karena munculnya kritik terkait usia personelnya yang terlalu muda. Netizen menganggap grup itu akan berpotensi pada eksploitasi anak. Tujuh personel Panda Boys sendiri diketahui berusia 7-11 tahun.

“Kami akan menindaklanjuti masalah ini dengan serius dan benar. Terima kasih atas pengawasan dan kritik dari masyarakat dan netizen di online,” pernyataan agensi Asia Starry Group yang menaungi Panda Boys, dikutip dari shine.cn, Jumat (26/8) lalu.

solia boy band
Panda Boys

Meski begitu, pihak agensi menegaskan tidak mengambil keuntungan dan hanya berkarya dengan anak-anak yang suka bernyanyi dan menari. Sebelumnya, sejumlah foto pada akun media sosial resmi mereka memperlihatkan anak laki-laki dengan riasan dan gaya rambut acak-acakan. Mereka juga tampak mengenakan blazer dan celana jogger

Sementara itu sebelum dibubarkan, Asia Starry Group sempat mengganti nama Panda Boys menjadi Panda Children’s Art Troupe.

Saat akan Panda Boys akan debut, Asia Starry Sky Group juga telah mengumumkan melalui media sosial Weibo mereka yang kini sudah tidak ada. Kala itu mereka menjelaskan personel Panda Boys telah berlatih keras pada musim panas agar bisa tampil di atas panggung.

Alih-alih disukai publik, debut Panda Boys malah menuai banyak kritik dari netizen. Sebagian dari netizen berpendapatan kemunculan boy band cilik itu menandakan bahwa industri idol group di China telah berlebihan.

Industri idol group yang merekrut personel boy band atau girl band sejak muda juga terjadi di Jepang dan Korea Selatan. Mereka melakukan pelatihan intensif selama berbulan-bulan setelah berhasil lolos seleksi.

Personel tersebut juga diharapkan untuk menjalani gaya hidup sehat dan diet yang dikontrol secara ketat. Mereka juga ditampilkan pada media massa secara berkala agar mendulang popularitas. *amy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here