Innalillahi, Istri ke Tiga Sastrawan W.S. Rendra Meninggal Dunia

istri w.s. rendra ken zuraida meninggal dunia
Foto: Pikiran Rakyat

Kabar duka datang dari panggung seni Tanah Air. Istri WS Rendra, Ken Zuraida binti Edi Suardi meninggal dunia pada Senin (9/8). Perempuan 67 tahun itu wafat di Rumah Sakit Antam Medika, Jakarta Timur, pukul 08.57 WIB. Hal ini telah dikonfirmasi oleh penulis Noorca M Massardi. 

“Betul (Ken Zuraida meninggal dunia, red). Saya terima kabar dari banyak sumber,” kata Noorca.

Noorca mengatakan dirinya tak tahu pasti soal penyebab kematian Ken. Namun penulis Mereka Berdua itu mengatakan kalau Ken memang sudah dirawat di rumah sakit sejak beberapa hari belakangan. 

“Sudah beberapa waktu almarhum dirawat di rumah sakit karena penyakit bawaan. Saya tidak tahu apakah kemudian kena Covid-19,” kata Noorca. 

istri w.s. rendra meninggal dunia ken zuraida
Istri WS Rendra, Ken Zuraida meninggal dunia. Foto: YouTube

Baca juga: Metamorfosa Pierce Brosnan dan Istri. Ada KW-nya Nggak Ya?

Kabar kematian Ken awalnya tersebar melalui pesan WhatsApp yang beredar di kalangan awak media. “Innailaihi wa inna Ilaihi roji’uun. Telah meninggal dunia adik/kakak/ibu/eyang kami tercinta, Ibu Ken Zuraida bt Edi Suardi. WAFAT Pada hari Senin, pukul 8:57 di RS Antam Medika,” begitu bunyi pesan tersebut. 

Pihak keluarga juga memohon maaf atas kesalahan yang dilakukan almarhumah semasa hidup. Tak lupa mereka juga memohon doa untuk almarhumah. 

Mohon maaf atas segala kesalahan Almarhumah baik yang sengaja/ tidak sengaja. Allahummagfirlaha warhamha wa’afihi wa’fu anha. Semoga amal ibadah Almarhumah diterima, diampuni dosa2 nya & mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Aamiin YRA,” pungkasnya. 

Baca juga: Mantan Pacar Britney Spears Berduka

Sementara itu, Ken Zuraida adalah sosok sastrawan ternama. Ia adalah istri ke tiga dari Rendra. Seperti diketahui, sebelum mempersunting Ken, Rendra sudah menikah dengan Sunarti Suwandi dan Raden Ayu Sitoresmi Prabuningrat.

Ken aktif di Bengkel Teater Rendra sejak 1974. Selain mengorganisir keseharian Bengkel Teater Rendra,alumni Universitas Padjajaran itu juga mempraktikan metode-metode latihan yang selama ini digali Rendra bersama bengkelnya. 

Sepeninggal Rendra, Ken melanjutkan berbagai pertunjukan di bengkel teater itu sebagai sutradara dan produser. Di antaranya adalah menyutradarai pertunjukan naskah Mastodon dan Burung Kondor karya W.S Rendra dan berpentas di tiga Kota, Jakarta (2011), Surabaya (2011), dan Bandung (2012). 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here