Perankan Bu Tejo dalam Film ‘Tilik’ yang Lagi Viral, Ini 6 Fakta Siti Fauziah

bu-tejo
Foto: YouTube Ravacana Films/Instagram Ozie_zie

Film pendek berjudul Tilik (2018) tiba-tiba viral di dunia maya. Tilik merupakan film pendek besutan Ravacana Films bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY yang diproduksi pada tahun 2018 lalu.

Film berdurasi 32 menit itu bahkan berhasil mendapatkan Piala Maya 2018. Selain itu, film yang disutradari oleh Wahyu Agung Prasetyo itu berhasil menjadi Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Tilik kembali diunggah di YouTube pada 17 Agustus 2020 lalu. Baru tiga hari diunggah, Tilik sudah ditonton lebih dari satu juta kali. Film pendek itu juga viral di medsos dan trending, karena jalan ceritanya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu akting para pemainnya sukses merebut perhatian para penonton.

Di antara para pemeran Tilik, sosok bu Tejo sukses menjadi sorotan dan paling banyak dibicarakan warganet. Ada apa sebenarnya dengan bu Tejo dalam film Tilik? Serta siapa pemeran karakter ini? Daripada penasaran, yuk intip berikut ini:

1. Berhubungan dengan Kehidupan Sehari-hari

Peran Bu Tejo dalam film Tilik (2018) memang cukup nyambung dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Berperan sebagai ibu-ibu tukang gosip dan suka nyinyir dengan penghayatan yang begitu natural, Siti Fauziah sukses membuat penonton jengkel dan terbawa suasana.

|Baca juga: Di Indonesia Harganya Murah, Anggun Justru Sebut Makanan Ini Mewah

Siti Fauziah memang memerankan karakter Bu Tejo sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang sering dijumpainya. Ia banyak mengimprovisasi sendiri kalimat-kalimat di luar naskah. Tak heran, karakter ini begitu relatable bagi penonton.

2. Mengawali Karir Lewat Teater

siti-fauziah-1
Foto: Dok. Instagram Ozie_zie

Wanita yang kerap disapa Ozi itu mengawali karirnya di bidang teater. Ia bergabung dalam salah satu kelompok teater asal Yogyakarta yang bernama Forum Aktor Yogyakarta. Itulah sebabnya, Siti Fauziah begitu luwes memerankan sosok Bu Tejo.

3. Dapat Beasiswa

Siti Fauziah rupanya sempat mendapat beasiswa Actor Studio yang diselenggarakan Teater Garasi di tahun 2008. Hal itu membuat wanita kelahiran tahun 1988 itu menjadi lebih profesional dan matang di bidang seni peran.

4. Main Film

siti-fauziah-main-film
Foto: Dok, Instagram Ozie_zie

Sukses bermain teater, Siti Fauziah rupanya merambah kesuksesannya di dunia film layar lebar. Ozi pertama kali bermain dalam film Mencari Hilal (2015). Ia juga bermain dalam sejumlah film seperti Talak 3 (2016), bermain di film garapan Hanung yakni Sultan Agung: Tahta, Perjuangan dan Cinta (2018), serta beradu akting dengan Iqbal Ramadhan dalam film Bumi Manusia (2019).

|Baca juga: Lama ‘Mati Suri’, Artis-artis Republik Cinta Management Bakal Reuni

5. Kaget Viral

Siti Fauziah mengaku kaget usai mengetahui perannya sebagai Bu Tejo viral di medsos. Dalam suatu wawancara, Ozi mengaku senang karena banyak yang mengapresiasi.

“Matur nuwun saya ucapkan kepada semua teman-teman yang sudah mengapresiasi film Tilik sedemikian rupa, sehingga saya sampai detik ini masih ndredeg dan pengen nangis nulisnya,” ujar Fauziah dalam Instagram story-nya @ozie_zie, Jumat (21/8).

“Kami semua yang terlibat di film ini meyakini apa yang kami sampaikan dengan tulus hati maka sampainya ke hati juga. Melihat semua orang mendoakan kami dengan baik dan dengan bahagia pula kami meresponnya adalah kebahagiaan kami yang tak terkira,” lanjutnya.

6. Kata-Kata dan Ekspresi Bu Tejo Banyak Jadi Meme

bu-tejo-1
Foto: Net

Banyak kata-kata dari cuplikan film Tilik yang dijadikan meme dan kemudian viral di medsos. Yang paling banyak diingat masyarakat adalah kalimat “Dadi wong ki mbok yo sing solutip (Jadi orang itu yang solutif)”. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here