Tak Cocok dengan Nama Asli, 12 Seleb Ini Putuskan Ganti Nama

Artis ganti nama
Foto: Dok. Pri

Apalah arti sebuah nama. Begitu kata pujangga William Shakespeare. Namun faktanya, tak sedikit yang percaya bahwa nama mangandung makna yang luar biasa, lantaran terselip doa di dalamnya.

Beberapa orang, termasuk para artis Tanah Air, bahkan rela mengganti nama mereka karena merasa kurang cocok. Ada yang melakukannya untuk keperluan karir di dunia entertain, ada juga yang mengganti nama seiring dengan perjalanan spiritualnya.

| Baca juga: Syahrini Pakai Tudung Saji sebagai Topi, Begini Komentar Ibu Mertua

Berikut adalah 12 artis yang mengganti namanya:

1. Syahrini

syahrini-beauty-in-frame-terakhir-rio-motret
Foto: Dok. Instagram Syahrini

Saat lahir pada 1 Agustus 1980, Syahrini diberi nama Rini Fatimah Jaelani oleh mendiang ayahnya, Dadang Jaelani. Nama asli Syahrini itu sempat tersebar di media sosial saat dia menikah dengan Reino Barrack.

2. Nia Ramadhani

foto-nia-ramadhani-canrtik
Foto: Dok. Instagram Nia Ramadhani

Nia Ramadhani resmi menambahkan nama suaminya di belakang nama aslinya. Ia bahkan sudah mendaftarkannya ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat pada Oktober 2010 lalu. Kini nama lengkap Nia adalah Ramadhania Ardiansyah Bakrie.

3. Abimana Aryasatya

Artis ganti nama
Foto: Dok. Instagram Abimana Aryasatya

Sebelum bernama Abimana Aryasatya, pemeran Gundala ini dikenal dengan nama Abimana. Alasannya mengganti nama karena merasa kurang nyaman dengan latar belakang keluarganya. Robertino adalah nama pembiaran sang ayah, namun sejak kecil ia justru tak pernah bertemu.

| Baca juga: 19 Artis Top Siap Beraksi di Film Superhero Indonesia, Siapa Favoritmu?

Alasan lain juga sempat disebutkan oleh bintang film Haji Backpacker (2014) tersebut, bahwa nama Robertino tidak mencerminkan seorang muslim.

4. Sophia Latjuba

sophia-latjuba-hidup-di-tengah-pandemi-corona
Foto: Dok. Instagram Sophia Latjuba

Setelah sempat tinggal di Amerika Serikat, kembalinya Sophia Latjuba ke dunia entertain Indonesia pada 2014 lalu juga dibarengi dengan keputusannya mengganti nama belakang dari Latjuba menjadi Mueller.

| Baca juga: ‘New Normal’ Diterapkan, Sophia Latjuba Masih Hidup Prihatin

Ada beberapa alasan yang mendorong Sophia, di antaranya keinginan untuk menghormati keluarga ibunya, Anna Mueller. Sedang nama Latjuba sendiri merupakan nama keluarga ayah Sophia, Azzizurrahman Latjuba.

5. Titi Radjo Padmaja

Artis ganti nama
Foto: Dok. Instagram Titi Radjo Padmaja

Setelah bercerai dari Aksan Sjuman, Titi Sjuman kemudian mengganti namanya menjadi Titi Radjo Padmaja.

6. Sarwendah

floral-sarwendah
Foto: Dok. Instagram Sarwendah

Sebelumnya Sarwenda memiliki nama asli Sarwendah (pakai H, red) Tan. Namun sang suami Ruben Onsu, mengganti nama menjadi Sarwenda (tanpa H), usai mendapat wejangan dari seorang pria dari pedalaman.

| Baca juga: Dituding Pilih Kasih terhadap Betrand Peto, Sarwendah Tampar Warganet

Pasalnya sebelum berganti nama, Sarwenda dikabarkan kerap jatuh sakit. Terutama saat kehamilan pertamanya, bahkan Sarwenda sempat terpaksa menggunakan kursi roda.

7. Steve Emmanuel

Artis ganti nama
Foto: Dok. Instagram Steve Emmanuel

Steve Emmanuel memutuskan pindah agama pada 24 Mei 2008. Saat itu, nama Steve berubah menjadi Yusuf Iman. Namun yang cukup mengejutkan, Steve mengaku kembali menganut Kristen, saat menjalani sidang kasus narkoba, Maret 2019 lalu.

8. Teuku Wisnu

Teatrikal show Teuku Wisnu
Foto: Dok. Instagram Teuku Wisnu

Teuku Wisnu memutuskan mengganti namanya, agar nama barunya memiliki arti lebih baik berdasarkan syariat Islam. Seperti diketahui, Wisnu merupakan nama salah dewa dalam kepercayaan Hindu.

| Baca juga: Teuku Wisnu Gelar Event Besar-besaran di Kota Malang

Sebagai ganti nama Wisnu, suami Shireen Sungkar itu mengambil nama akhir putra pertamanya, Teuku Adam Al Fatih. Sehingga nama Teuku Wisnu kini menjadi Teuku Al Fatih.

9. Reza Artamevia

Artis ganti nama
Foto: Dok. Instagram Reza Artamevia

Tidak banyak yang tahu bahwa Reza Artamevia telah mengganti namanya menjadi Reza Artamevira, pada April 2017 lalu. Alasannya, dalam bahasa Latin, kata Mevia memiliki arti kesedihan. Sementara Mevira mengandung arti kebahagiaan.

Kendati demikian, Reza tetap menggunakan nama Reza Artamevia sebagai nama panggung.

10. Annisa Trihapsari

Artis ganti nama
Foto: Dok. Instagram Annisa Trihapsari

Serupa dengan Reza Artamevia, pesinetron Annisa Tribanowati juga mengganti nama belakangnya lantaran memiliki arti yang kurang baik. Tribanowati artinya sepi, sedang Trihapsari bermakna bidadari.

11. Mulan Jameela dan Ahmad Dhani

Mulan Jameela Ahmad Dhani
Foto : Dok. Instagram Mulan Jameela

Pasangan selebriti ini sama-sama mengganti namanya secara resmi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, tahun 2018 lalu. Hal itu dilakukan menjelang keduanya maju dalam bursa Pileg (Pemilihan Anggota Legislatif) tahun 2019.

Dhani yang sebelumnya memiliki nama asli Dhani Ahmad Prasetyo, diubah menjadi Ahmad Dhani Prasetyo. Sedangkan nama Raden Wulansari menjadi Mulan Jameela.

12. Titiek Puspa

Titiek Puspa Raih

Artis senior Titiek Puspa pernah mengganti namanya hingga beberapa kali. Dari Kadarwati berganti menjadi Sumarti, kemudian berganti lagi menjadi Titiek Puspa. Bukan tanpa alasan, perempuan kelahiran 1 November 1937 itu percaya bahwa dengan mengganti nama, ia tidak akan lagi sakit-sakitan.

| Baca juga: Disebut Mirip Isyana, Begini Potret Masa Muda Titiek Puspa yang Viral

Fenomena seleb mengganti namanya ini memang bukan hal baru. Aktris Queen Latifah dan Demi Mooore adalah dua dari sekian banyak sosok yang memilih untuk berkarya menggunakan nama yang benar-benar berbeda.

Nama asli Queen Latifah adalah Dana Elaine Owens, sedangkan Demetria Gene Guynes adalah nama asli Demi Moore. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here