7 Cara Cerdas agar Tidak Terlalu Jadi Bucin alias Budak Cinta

pasangan-bucin
Foto: Net

Istilah bucin atau budak cinta kini sangat popular. Istilah itu digunakan untuk menggambarkan suatu hubungan yang tidak seimbang dan terlalu berlebihan. Seorang pasangan rela melakukan apa pun demi menyenangkan kekasihnya. Hingga seolah-olah menjadi budak.

Padahal sikap tersebut kurang baik bila diterapkan dalam suatu hubungan. Apalagi jika itu dilakukan oleh salah satu orang dari sepasang kekasih. Nah, beberapa tips berikut ini bisa kamu coba agar kamu tidak jadi bucin. Yuk simak!

1. Berani Menolak

Tidak semua apa yang diinginkan pasanganmu harus kamu turuti. Apalagi itu menyangkut hal-hal yang kurang baik dan berlebihan. Kamu harus berani menolak sesuatu yang menurutmu sudah kelewat batas. Meski begitu, tetap katakan penolakan itu dengan cara yang halus, sehingga tak menyinggung perasaan kekasih.

2. Beri Hadiah Secukupnya

Boleh saja memberi hadiah untuk pasangan dengan maksud menyenangkan hatinya. Tapi tak perlu terlalu sering memberinya kejutan. Apalagi selalu memberi hadiah-hadiah mahal. Memberi pasangan hadiah di hari spesial saja adalah salah satu cara agar kamu tidak disebut bucin. Si dia pun akan selalu mengingat kado spesial darimu itu.

3. Jangan Terlalu Dipamerkan

Si bucin biasanya suka sekali memamerkan semua momen mesra dengan pasangannya kepada publik. Ia terus-terusan mengekspos serta menyanjung pasangannya di hadapan orang lain.

|Baca juga: Buruan Kabur! Ini 4 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Ada baiknya beberapa momen mesra, cukup disimpan berdua saja. Itu bukan berarti kamu tak cinta dengan pasangan. Justru itu akan membatasi orang lain ikut campur dalam urusan hubungan kalian, loh!

4. Tak Harus Selalu Berdua

Meskipun saling cinta, bukan berarti kalian harus menghabiskan waktu 24 jam untuk berdua. Bukan berarti juga kalian bisa terus-terusan menanyakan kabar saat sedang tak bersama.

Lakukan semua kesibukan lain dengan sewajarnya. Jika dirasa terlalu sibuk, jangan lupa untuk sempatkan sesekali memberi kabar. Itu sudah cukup untuk menenangkan hatinya, kok.

5. Cintai Dirimu Sendiri

Sebelum mencintai orang lain, kamu harusnya belajar untuk mencintai dirimu dahulu. Dengan mencintai semua yang kamu miliki, kamu akan lebih menghargai serta percaya dengan diri sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah diperbudak oleh cinta.

|Baca juga: Mudah Terbakar Api Cemburu pada Pasangan? Ini 6 Cara Mengusirnya!

6. Jangan Takut Ditinggal

Sering kali sikap bucin muncul karena takut ditinggal oleh pasangan. Padahal pikiran itu bisa menjadi toxic bagimu. Percayalah, jika pasanganmu benar-benar mencintaimu, dia tak akan meninggalkanmu begitu saja.

Meski begitu, tetap berikan kasih sayang yang sewajarnya kepada pasangan. Selalu tunjukkan kasih sayang dengan hal-hal yang manis dan tak berlebihan.

7. Tetap Bersikap Mandiri

Cara lain agar tidak bucin dengan pasangan adalah jangan menggantungkan semua persoalan pada si dia. Itu akan membuatmu tak bisa hidup barang sedetik tanpa dia. Berlatihlah tetap melakukan kegiatan yang kamu mampu secara mandiri. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here