Bikin Kontroversi Covid-19, 8 Artis ‘Tampar’ Anji dengan Sindiran Pedas

artis-sindir-anji
Foto: Dok. Pri

Konten YouTube Anji dan Hadi Pranoto yang berjudul ‘Bisa Kembali Normal? Obat Covid 19 Sudah Ditemukan!!‘ menuai kontroversi. Ini bukanlah kali pertama Anji menimbulkan kehebohan di tengah pandemi. Sebelumnya dia pernah terang-terangan mengatakan kalau Covid-19 tidak semengerikan yang diberitakan. Tindakannya itu membuat sederet artis sindir Anji.

Mulai dari penulis sekaligus musisi Fiersa Besari, Tompi, Ariel ‘Noah’ hingga yang terbaru Marcell Siahaan menyindir pendapat Anji. Mereka menilai kalau apa yang dilakukan pelantun Dia itu tidak bertanggung jawab. Berikut adalah sederet artis yang sindir Anji. 

1. Fiersa Besari

Fiersa jadi salah artis yang vokal memperingatkan Anji sejak awal. Bahkan ia selalu memberi wejangan agar pemilik nama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu lebih peka terhadap keadaan.

Berpendapat itu hak. Tapi, patut diingat, apa yang bagimu sekadar opini, bagi orang lain adalah pengalaman traumatis. Apa yang bagimu sekadar angka, bagi orang lain adalah kerabat dan keluarga yang takkan kembali. Mungkin bisa sedikit berempati jika tidak mungkin satu visi,” tulis Fiersa dalam akun Twitter-nya. 

fiersa-besari-sindir-Anji
Nasihat Fiersa Besari untuk Anji. Foto: Dok. Twitter Fiersa Besari

Baca juga: 5 Artis yang Cover Lagu ‘Keke Bukan Boneka’, Siapa Paling Keren?

Fiersa juga terus memberikan sindiran setelah video ‘Bisa Kembali Normal? Obat Covid 19 Sudah Ditemukan!!‘ di channel YouTube Anji dihapus. Setelah itu, Anji sempat mengkambinghitamkan Hadi Pranoto dan mengatakan kalau seharusnya Hadi yang disalahkan, bukan dirinya. 

Tahu hal itu, Fiersa memberikan pernyataan menohok lainnya. “Kebanyakan dari kita lebih senang menyalahkan orang lain dan terus membela diri saat keadaan bertambah buruk. Berputar-putar. Padahal ada jalur yang lebih mudah: Minta maaf,” cuit Fiersa. 

2. Joko Anwar

joko-anwar-sindir-anji
Foto: Twitter Joko Anwar

Sutradara kenamaan Joko Anwar juga ikut mengomentari dialog Anji dan Hadi Pranoto. Ia pun menyinggung beberapa ungkapan janggal dari laki-laki yang mengklaim dirinya sebagai profesor dan pakar mikrobiologi sekaligus kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19 itu.

Di antaranya adalah soal virus corona yang hanya bisa dibunuh dengan suhu di atas 350 derajat celcius. Seperti diketahui, keduanya setelah itu mengatakan kalau baja meleleh pada suhu tersebut. Ucapan keduanya ini dinilai ngawur. 

“Please be responsible, people. Ini tentang nyawa banyak orang. Btw, baja meleleh di 1370 derajat celcius,” kata Joko

Setelah videonya dihapus oleh YouTube, Anji masih memberikan pembelaan atas apa yang dilakukannya. Hal itu juga tak terlewat dari perhatian sutradara film Perempuan Tanah Jahanam (2019) itu. 

“Ya kalo interviewnya ngulik klaim ‘profesor’ bener atau tidak ya oke. Ini sepanjang durasi manggut-manggut mengamini mengendorse kok. Ya sukur videonya dishare rame ditunjukin anehnya di mana biar nggak pada ketipu. Dan, plis, yg dipikir kok cuman view. Tipis kali purpose hidup,” tukasnya. 

3. Ernest Prakasa

Ernest jadi salah satu yang aktif bersuara di tengah kontroversi Anji dan Hadi Pranoto. Ia beberapa kali me-retweet cuitan-cuitan yang mengatakan kalau seharusnya Anji lebih bijak dalam mencari narasumber. Salah satunya datang dari akun @amasna.

Ji, lo kan pinter ya, coba cari tahu background orang yang lo kasih panggung di channel lo yang rame itu. Siapa tahu tukang tipu. Presiden aja bisa ketipu soal energi lho, inget kan, @duniamanji?” tulis akun tersebut. 

Ernest satu suara dengan tweet tersebut. “Setuju, Mas Anji jelas orang pinter. Kalo niatnya kritis demi fakta, harusnya bisa tau mana narsum beneran & mana yang abal2. Kecuali ya memang sekedar mementingkan engagement,” katanya. 

ernest-prakasa-sindir-anji
Ernest jadi salah satu artis sindir Anji. Foto: Dok. Twitter Ernest Prakasa

Baca juga: Sindir soal Giveaway Para Artis, Ernest Prakasa: Beneran Dikasih?

Ketika Anji dan Hadi dilaporkan ke polisi oleh Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid, Ernest mengatakan kalau dirinya tidak berharap Anji dipenjara. Namun ia berharap ini akan membuat orang-orang berpikir ulang sebelum membuat konten.

4. Tompi

Musisi sekaligus dokter Tompi juga jadi salah satu seleb yang memperingatkan Anji sejak awal. Ketika video Anji dan Hadi mengemuka, Tompi tidak serta merta memberikan komentar negatif. 

Ia mengatakan, jika Hadi telah menemukan obat Covid-19 harusnya dipresentasikan dan diperkenalkan secara ilmiah kepada publik. Tidak sekedar memberikan pengumuman semacam ini. 

Lagi heboh banget ama berita @duniamanji wwcra profesor penemu obat covid , bukan GAK MUNGKIN loh, bs ajaa bener. Tp begini anji, sebuah penemuan apalagi medis ya… HARUS di presentasikan dengan tata cara ilmiah, supaya teruji terukur dan bs diulang,” tulisnya. 

tompi-sindir-anji
Foto: Twitter Tompi

Ia juga menasihati Anji agar lebih bertanggung jawab dalam memilih narasumber sehingga tidak blunder. Karena akan jadi berbahaya jika masyarakat menelan informasi secara sembarangan. 

5. Bintang Emon

Komika Bintang Emon memang terkenal dengan komentar kritisnya terhadap isu-isu yang sedang hangat. Ia pun membuat video parodi saat wawancara dengan ‘Jumanji’ (pelesetan dari nama Anji).

Keduanya pun memplesetkan pandemi corona sebagai fenomena kesusupan. Bahkan, Bintang Emon yang berperan sebagai Anji mengatakan lebih suka menyingkat fenomena kesusupan dengan sebutan KSPN. Layaknya Anji yang menyingkat Covid-19 menjadi CVD, padahal CVD sendiri adalah singkatan dari cardiovascular disease. 

Baca juga: Diserang karena Sindirannya, Bintang Emon Pamer Hasil Tes Narkoba

Tak hanya itu, Bintang Emon juga berbicara soal teori konspirasi yang berkembang di masyarakat. Seperti halnya Anji yang tidak mempercayai bahwa pandemi Covid-19 tidak semengerikan seperti yang diberitakan. 

“Ada isu yang berkembang di masyarakat bahwa yang pasien-pasien ini mengaku terkena KSPN agar dapat uang bantuan dari pemerintah Rp 50 ribu,” ujar Emon. 

6. Chef Arnold

Chef Arnold juga memberi responnya setelah video Anji dan Hadi viral. Juri MasterChef Indonesia itu menyoroti Anji yang malah menodong Hadi untuk meminta maaf. Ia mengatakan kalau Anji seharusnya sadar dengan statusnya sebagai publik figur. 

chef-arnold-seleb-artis-sindir-anji
Foto: Twitter Arnold Poernomo

7. Awkarin

Selebgram Awkarin memberikan penilaiannya pada kehebohan yang menyeret nama Anji dan Hadi Pranoto. Ia mengatakan kalau Anji mencoba mencari validasi namun memilik narasumber yang tidak kompeten.

Nyari validasi tapi nda ada modal, makanya orangnya yang diambil yang gak berkompeten wkwk. Yaiyalah, yang berkompeten emang pasti bayarannya untuk jadi pembicara pasti mahal. Udah kaya gini malah nyalahin narsum nya padahal dia yang ngundang. Gak habis thinking,” tulis pemilik nama lengkap Karin Novilda itu. 

awkarin-artis-sindir-anji-covid-19
Foto: Twitter Awkarin

8. Marcell Siahaan

Konten YouTube Anji dan Hadi Pranoto rupanya juga menarik perhatian penyanyi Marcell Siahaan.  Selasa (4/8) kemarin, Marcell mengungkapkan kekecewaannya kepada para YouTuber yang tidak bertanggung jawab dalam membuat konten. Terlebih dalam kondisi yang tak menentu seperti saat ini. 

Pelantun Takkan Terganti itu mengatakan kalau hasil data riset hanya mereka gunakan untuk menunjukkan kepintaran. “Data-data, hasil riset atau apapun yang lo pake cuman buat nunjukin ke semua orang kalo lo pinter dan udah ngerjain PR,” tulis Marcell mengiringi fotonya yang sedang menunjukkan jari tengahnya. 

|Baca juga: Buktikan Eksistensi, Marcell Siahaan Gelar Konser Marceltujuhbelas

Laki-laki 42 tahun itu juga memberi pernyataan menohok. Marcell mengatakan jika data-data tersebut tidak disertai dengan nalar, serta kepekaan terhadap keadaan maka YouTuber yang bersangkutan disebutnya sebagai orang yang bodoh. 

TAPI Begitu nalar lo enggak lo pake, enggak ngerti konteks, enggak peka situasi, enggak mikir panjang dampaknya apa dari apapun yang keluar dari konten lo, ya menurut gue lo GOBLOK. titik,” lanjutnya. 

marcell-siahaan-sindir-Anji-1
Artis sindir Anji, Marcell Siahaan dengan kritiknya. Foto: Dok. Instagram Marcell Siahaan

Pemilik nama lengkap Marcellius Kirana Hamonangan itu juga menyindir mereka yang menganggap pandemi Covid-19 sebagai konspirasi. Ia mengunggah sebuah komik dari akun @jukihoki sebagai pelengkapnya. 

Memang enggak semengerikan itu kok. Dia cuma nambahin korban doang dan bikin kita lama PSBB nya dan makin banyak yang susah hidup dan susah kerja,” sindir Marcell. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here