Karya Pramoedya Ananta Toer Dipamerkan Gratis

0
22
Karya Pramoedya Ananta Toer
Foto: Bayu/Nyata

Bulan Agustus diperingati sebagai bulannya Pramoedya Ananta Toer. Untuk itu, pihak keluarga bersama Falcon Pictures menggelar pameran yang menampilkan karya-karya sang maestro.

Bertempat di RBoJ Coffee, penggemar Pramoedya Ananta Toer dapat melihat karya-karyanya selama satu bulan secara gratis.

Putri kedua Pramoedya, Astuti mengungkapkan, selain untuk mengenang karya-karya dari ayahnya, tujuan pameran tersebut juga untuk mengenalkan sosok Pram kepada generasi muda.

“Saya dan Falcon membuat acara jejak karya Pramoedya Ananta Toer. Itu adalah buku yang mengingatkan bahwa karya Pram bukan saja Bumi Manusia atau Perburuan, tapi ada lagi yang lain,” ujar Astuti saat ditemui di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan itu.

Karya Pramoedya Ananta Toer
Astuti, putri mendiang Pramoedya Ananta Toer (Foto: Bayu/Nyata)

Beberapa buku karya Pram dipajang dalam pameran tersebut. Tak hanya itu, barang-barang kesayangan milik almarhum seperti mesin ketik, juga turut dipamerkan. Para pengunjung juga dapat menikmati film dokumenter yang menceritakan perjalanan hidup Pramoedya.

“Ini rangkaian untuk rayakan bulan Pram. Pameran ini dibuka mulai hari ini, bisa dinikmati secara gratis dan berlangsung selama satu bulan,” jelas Astuti.

Sementara itu, Frederika selaku produser dari Falcon Pictures mengungkapkan, jika ia dan pihak keluarga mempersiapkan pameran tersebut dalam waktu yang sangat terbatas. Karena keterbatasan tempat, tak semua karya Pram dapat dipamerkan.

“Sebenarnya ingin tempatnya yang besar, karena karya Pak Pram kan banyak. Tapi karena pertimbangan waktu, jadi kita pilih di sini. Lagian tempat ini kan punya kita,” ujar Frederika. (*)