Jelajahi Fasilitas Kereta Kerajaan Inggris yang Super Fancy

0
398
kereta-kerajaan-ingris-royal-family
Foto: Hello Magazine

Fasilitas mewah dan nomor satu, pastinya selalu melengkapi kehidupan para anggota keluarga kerajaan Inggris. Mulai dari istana, hingga alat transportasi, termasuk kereta api. Pengen tahu dong seperti apa kereta kerajaan Inggris ini?

Nyatanya, anggota Royal Family hanya diizinkan menggunakan kereta ini untuk kepentingan kerajaan. Dan biasanya, hanya anggota senior Royal Family yang menaikinya, termasuk Pangeran Philip, Pangeran Charles dan Duke of Cornwall, Camilla.

Meghan Markle menjadi anggota Royal family termuda yang pernah menikmati fasilitas kereta mewah yang disebut Royal Train ini. Ia menaikinya bersama Ratu dalam kunjungannya ke Cheshire.

Kereta yang terdiri dari sembilan gerbong ini dilengkapi dengan sejumlah kamar tidur dan kamar mandi. Bahkan, ada kantor pribadi Ratu Elizabeth di dalamnya.

kereta-ratu-elizabeth
Kantor Ratu Elizabeth di dalam kereta kerajaan, Royal Train. Foto: Hello Magazine

Tak hanya itu, kereta ini juga punya ruang makan, lengkap dengan meja makan dan 12 kursi. Ada juga ruangan untuk para staf atau tamu yang menemani Ratu dalam perjalanan.

ruang-makan
Foto: Hello Magazine

Sementara itu, kereta ini sudah digunakan sejak tahun 1840 oleh istri Raja William IV, Ratu Adelaide untuk perjalanannya dari Nottingham ke Leeds, Inggris. Namun, pimpinan monarki pertama yang menaiki kereta adalah Ratu Victoria. Ia menaikinya untuk perjalanan dari London menuju Windsor tahun 1842.

Sejak saat itu, kereta ini telah digunakan untuk berbagai perjalanan tak terlupakan. Termasuk untuk mengangkut jenazah Ratu Victoria dari London ke Windsor pada 1901. 

royal-train-queen-victoria
Ruang minum ratu Victoria di dalam Royal Train, yang kini dipamerkan di Railway Museum, Inggris. Foto: Hello Magazine

Tak hanya itu, Pangeran Charles dan Putri Diana menggunakan kereta ini dalam perjalanan bulan madunya di Skotlandia, sebelum tur dengan kapal pesiar, Royal Yacht Britannia dari Yunani menuju Mesir. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here