Ada Gangguan Bipolar Dibalik Karir Cemerlang 4 Seleb Dunia Ini

0
53
artis-bipolar
Foto: Dok. Instagram Mariah Carey/Demi Lovato

Tidak ada manusia yang terlahir sempurna. Tidak ada seorang pula yang hidupnya selalu mulus, tanpa hambatan. Seperti keempat artis ini. Meski memiliki karir yang diimpikan banyak orang, dibalik itu mereka menyimpan perihnya sendiri.

Mereka lah seleb yang ternyata memiliki gangguan bipolar. Gangguan ini adalah suatu kondisi mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem. Orang yang memiliki gangguan ini, bisa tiba-tiba merasa sangat bahagia, dan sangat sedih. Siapa saja mereka?

1. Demi Lovato

Diusia muda, Demi Lovato sudah berjuang melawan depresi yang dialaminya. Ada saat ketika ia begitu ‘gila’, hingga menulis tujuh lagu dalam satu malam.

Demi didiagnosa menderita gangguang bipolar pada 2010. Selain itu, ia juga berjuang melawan anorexia, bulmia dan rasa ingin bunuh diri. Mengaku kepada People, ia tak pernah tahu dirinya mengalami bipolar sebelum menjalani perawatan dan rehabilitasi.

Tahun 2015, dalam sebuah kampanye bertajuk Be Vocal: Speak Up for Mental Health, Demi mengatakan pentingnya penderita bipolar untuk mengungkapkan masalah mentalnya, daripada bertambah lebih parah.

2. Catherine Zeta-Jones

Tahun 2011, Catherine mengumumkan dirinya memiliki gangguan bipolar II. Hal itu dipicu dari tingginya tingkat stres yang dihadapi.

Suaminya, Michael Douglas saat itu terkena kanker. Sedang anak tirinya menjalani hukuman penjara. Ia pun sedang menghidupi dua anaknya yang masih kecil yakni Dylan dan Carys.

Tahun 2013, Catherine kembali menjalani pengobatan gangguan bipolar yang disebut upaya proaktif untuk menjaga kesehatannya. Catherine selalu berpesan kepada penderita bipolar, untuk giat menjalani terapi. Ia juga menyarankan agar setiap anggota keluarga dan kerabat dekat, mendukung penderita bipolar.

3. Mariah Carey

Selama 17 tahun, ternyata Mariah Carey telah berjuang melawan bipolar. Hal ini diungkapkan pertama kalinya pada 2018 lalu kehadapan publik. Kepada People, ia mengaku tahun 2001 didiagnosis bipolar yang mengharuskannya menjalani terapi.

“Aku menjalani pengobatan dengan meminum obat-obatan yang hasilnya nampak memuaskan. Aku merasa tidak terlalu lelah, lesu ataupun mengalami hal-hal seperti itu. Menemukan keseimbangan yang tepat adalah hal yang paling penting,” akunya.

4. Britney Spears

Britney pernah mengatakan jika pada tahun 1999, ia adalah pribadi yang bebas. Namun ia juga mengatakan, jika sosok aslinya adalah berkepribadian introvert dan pemalu.

Britney ternyata memiliki bipolar. Ia kemudian kehilangan gairah dalam berkarier. Dilansir dari investorplace, Britney mengaku pernah berubah menjadi orang lain dalam beberapa kesempatan. Ia juga mengalami perubahan mood selama bertahun-tahun. (*)