Alvin Faiz Terjun ke Dunia Akting Demi Amanah Ustaz Arifin Ilham

0
241
alvin
Foto: Bondan/Nyata

Terlahir dari keluarga ulama besar, keseharian putra sulung almarhum Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz, memang banyak dihabiskan untuk kegiatan keagamaan.

Urusan dunia, termasuk seni, memang belum pernah dilakoni Alvin. Karena itulah ia kaget saat dulu dipanggil Ustaz Arifin Ilham untuk terjun ke dunia akting.

“Tiba-tiba saya dipanggil, kamu perankan Abi (sapaan Alvin pada almarhum) di film. Karena hanya kamu yang paling mengenali Abi,” tutur Alvin mengenang permintaan tersebut.

Saat itu almarhum memang sedang bekerjasama dengan Farid ‘Ongky’ melalui rumah produksi Anak Bangsa, untuk membuat film tentang dirinya. Melihat basic aktingnya yang masih kosong, sebenarnya Alvin ingin menolak menjadi pemeran utama sebagai Ustaz Arifin Ilham muda di film Suami Yang Menangis.

“Saya nggak bisa akting, saya juga bukan aktor. Dan Abi bilang, kamu pokoknya harus main. Kalau Abi udah ngomong gitu, kita anak-anaknya nggak ada yang bisa bantah,” kata Alvin.

Akhirnya Alvin memang harus berakting sesuai dengan amanat almarhum. Berkat bantuan pelatih akting yang secara khusus mengajarinya, ditambah pengenalannya terhadap sang ayah, Alvin dinilai cukup berhasil memerankan Ustaz Arifin Ilham muda.

”Memang amanah almarhum untuk film ini, kalau bisa saya menampilkan sosok almarhum yang benar-benar beliau. Karena memang saya yang paling mengenal, meskipun belum sempurna memerankannya,” tutur bapak satu anak ini.

Film tersebut memang menceritakan kisah nyata Ustaz Arifin Ilham muda yang berjuang sampai bisa menjadi ulama kondang. Meski diselipkan sebuah kisah fiksi di dalamnya. Alvin menyebut banyak pelajaran yang bisa dipetik dari film tersebut.

“Tujuannya supaya kita bisa membedakan mana hitam mana putih. Dan supaya masyarakat bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Bisa mengambil hikmahnya, bisa mengambil syiarnya,” tutur Alvin.

Film yang sempat tertunda perilisan karena sakitnya almarhum itu, akan rilis di bioskop Indonesia pada 5 September 2019. Selain Alvin, film produksi Anak Bangsa Pictures juga dibintangi oleh Aryo Wahab, Poppy Bunga, Betari Ayu, termasuk Ustaz Arifin Ilham dan istri pertamanya, Wahyuniaty Al-Waly. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here