Serukan Bangga Indonesia Melalui Kompetisi LINE Creativate 2018

0
2083
kiri-kanan: Gretha (LINE Shopping), Okta Wiguna (LINE Today), Dale Kim (Managing Director LINE Indonesia), Ari Julianto Gema (BEKRAF), Revie (LINE Stickers), Gina Viani (LINE Webtoon), dan Hidayat (LINE Game). Foto: LINE Indonesia

Ajang tahunan kompetisi digital dan kreatif terbesar milik LINE Indonesia yang bertajuk LINE Creativate, hadir kembali menyapa seluruh kreator di seluruh Indonesia.

Mengusung tema ‘Bangga Indonesia’, LINE Creativate 2018 kini menghadirkan berbagai kompetisi unggulan yakni kompetisi LINE Webtoon, Line Stickers, LINE Chatbot, rencana bisnis LINE Shopping, kreasi konten video LINE Today, dan LINE Game Let’s Get Rich World Cup 2018.

“Enam kompetisi tersebut bertujuan menyatukan, tak hanya content creator, namun juga orang-orang dari berbagai latar belakang, terutama generasi muda Indonesia. Kita juga mempunyai misi untuk mengembangkan talenta-talenta yang ada, yang tentunya bisa membanggakan Indonesia,”ujar Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia saat press launch pada hari Senin (27/8) kemarin.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Film The Meg yang Harus Kamu Ketahui

Dale Kim dan Ari Juliano Gema. Foto: Dea/Nyata

Hadiah yang ditawarkan pun sangat beragam dan fantastis. Selain mendapatkan hadiah uang tunai dengan total ratusan juta rupiah, ada pula hadiah lain seperti dua orang pemenang final kompetisi LINE Game Let’s Get Rich, akan dikirim ke Korea untuk mewakili Indonesia mengikuti kejuaraan dunia.

Baca juga: Cerita Ruth Marini dengan Dua Karakternya dalam Satu Film

Berbagai hadiah LINE Creativate 2018 (dari kiri atas: hadiah kompetisi LINE Today, LINE Game, LINE Webtoon, dan LINE Chatbot. Foto: Dea/Nyata

Selain itu, LINE juga turut membantu kreator untuk meramu karya mereka seperti pada kompetisi LINE Chatbot.

“LINE menyediakan aplikasi LINE Bot Designer untuk tools merancang, tidak perlu coding dan bisa jadi prototype, dan bisa jelas terlebih dahulu kedepannya, chatbot itu akan diarahkan seperti apa. Kalau sudah belajar di LINE Bot Designer, bisa langsung bikin coding chatbot-nya langsung di aplikasi LINE Chatbot,” beber Rasmunandar Rustam, software engineer LINE Indonesia.

Rasmunandar Rustam, software engineer LINE Indonesia. Foto: Dea/Nyata

Didukung pula oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, LINE Creativate 2018 memegang komitmen untuk menjadi wadah kreatif, bagi generasi muda Indonesia dalam membawa kreasi mereka ke tingkat yang lebih lanjut.

Tak hanya itu, Ari Juliano Gema selaku Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Regulasi BEKRAF, menuturkan pula dukungan serta keterkaitan hasil kreasi kreator dengan HKI untuk masa depan mereka.

Pihak BEKRAF memiliki aplikasi bernama BIMA (sudah tersedia di App Store dan Play Store), serta nantinya akan ada BIMA LINE Official Account untuk memfasilitasi dan mengedukasi mengenai HKI.

Baca juga: Bahagianya Simon Cowell Dapat Hollywood Walk of Fame

Kompetisi-kompetisi ini akan berpuncak pada perayaan LINE Creativate yang akan diselenggarakan pada 16-18 November 2018 mendatang. Seluruh mekanisme perlombaan selengkapnya, bisa diakses melalui linecreativate.com serta LINE Creativate Official Account.

“Setelah mereka jadi kreator, mereka nantinya menjadi tenaga kerja ekonomi kreatif. Dan karya mereka tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, melainkan juga negara-negara sekitar, Thailand, Jepang, Korea. Nah, akhirnya masuklah itu ke ekspor ekonomi kreatif. Disamping itu, kita juga memfasilitasi dan mengedukasi para kreator untuk melindungi karya mereka dengan HKI, melalui aplikasi BIMA dan official accpunt yang kemungkinan akan rilis bersama LINE Creativate 2018 mendatang. Agar mereka tak perlu lagi kesusahan membaca undang-undang, dan memahami mekanismenya,” ucap Ari. (*)