13 Nama Idol Grup Korea Ini Punya Arti yang Unik

0
545
arti-nama-idol-grup korea
Foto: Billboard

Beberapa grup idol Korea memiliki nama dan singkatan yang unik. Mulai dari BTS sampai MBLAQ, ternyata nama grup mereka memiliki makna tersembunyi.

Bisa dikatakan, bahwa sebutan tersebut menjadi harapan sekaligus pedoman bagi mereka dalam meniti karir di industri hiburan. Nama-nama tersebut juga menjadi pembeda, dengan grup-grup musik lainnya. Mau tahu? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1BTS

Foto: Net

Jika kalian berpikir BTS adalah singkatan dari Behind The Scene, salah besar! BTS adalah akronim dari Bangtan Sonyeodan yang berarti pasukan pemuda (pramuka) anti peluru.

Nama mereka terlahir dari sebuah tujuan yang mulia. Bagaimana tidak? Mereka ingin musik yang dihasilkan bisa melindungi para remaja (beserta nilai-nilai positif dan impiannya) dari stereotip, kritik dan ekspektasi dunia yang bisa menyerang seperti peluru.

Baca juga: BTS Sukses Kalahkan Justin Bieber di Tangga Lagu Billboard

Pada Juli 2017 kemarin, BTS menambahkan makna alternatif terhadap akronimnya, yaitu Beyond The Scene. Ini mencerminkan popularitas global mereka. Serta memotivasi kaum muda untuk melampaui realitas mereka saat ini. Agar, mereka bergerak maju untuk meraih impian mereka. Inspiratif sekali, ya!

2EXO

Foto: Net

EXO adalah singkatan dari EXOPLANET. Sebuah planet yang terletak di luar tata surya kita. Ketika mereka debut pada 2012 lalu, mereka mengadopsi konsep kekuatan ekstraterestrial, yang cocok dengan nama mereka.

Baca juga: EXO Bakal Cetak Sejarah di Burj Khalifa Dubai!

3NCT

Foto: Net

Neo Culture Technology, disingkat jadi NCT. Nama grup ini berhubungan langsung dengan konsep utama mereka, yaitu keragaman budaya yang menjadi latar belakangnya. 

Baca juga: Diam-diam Jo Kwon Rencanakan untuk Berangkat Wamil

Grup ini memiliki 3 unit yaitu NCT 127, NCT U dan NCT Dream. NCT 127 berbasis di Kota Seaoul, Korea Selatan. Angka 127 mengacu pada koordinat longitudinal kota tersebut.

42NE1

Foto: CLEO Singapore

Unik! Itulah kata yang pantas untuk menggambarkan girlband yang dinaungi oleh YG Entertainment ini. Akronim 2NE1 merupakan singkatan dari “New Evolution of 21st Century”, atau dalam artian evolusi baru dari abad 21.

Baca juga: Syahnaz-Jeje Tampil Berani dan Elegan dengan Nuansa Merah

Nama mereka cocok sekali jika dilihat dari karya, style serta fashion yang mereka pilih. Gak percaya? Coba lihat video klip I’m The Best. 

5B1A4

Foto: Net

B1A4 adalah singkatan dari Be The One, All For One yang berarti jadilah satu, semua untuk satu. Tak hanya itu, ternyata nama tersebut juga mengacu pada golongan darah anggotanya.

Baca juga: 7 Outfit Kece Cinta Laura Saat Liburan Bareng Frank Garcia di Eropa

Hanya satu member (Baro) yang memiliki golongan darah B, 4 lainnya memiliki golongan darah A. Smart enough!

6VIXX

Foto: Net

VIXX adalah singkatan dari Value In Excelsis. Dalam Bahasa Latin, In Excelsis berarti tingkatan tertinggi. Sehingga, grup ini memiliki tujuan untuk menjadi nilai dalam tingkatan tertinggi.

7U-Kiss

Foto: Net

Ubiquitous Korean International Superstar disingkat menjadi U-Kiss. Terlihat sekali ya, ambisi mereka untuk berkarya di skala internasional, dan dikenal di berbagai belahan dunia.

8TVXQ

Foto: Net

TVXQ adalah akronim dari kata-kata Bahasa China, Tong Vfang Xien Qi, yang berarti dewa (penguasa) dari timur. Nama ini dinilai pas banget, mengingat TVXQ telah menjadi salah satu boyband tersukses selama lebih dari 10 tahun ini.

9Teen Top

Foto: Net

Siap-siap kaget, ya? Banyak yang mengatakan, kalau singkatan Teen Top adalah yang paling aneh, dari semua singkatan nama grup idol Korea yang ada. Mau tahu?

Teen Top adalah singkatan dari Teenager Emoboy Emotion Next generation Talent Object Praise. Mungkin mereka berharap menjadi sebuah grup yang menyukai gaya emo, dan bisa sukses serta membanggakan?

10NU’EST

Foto: Net

NU’EST adalah singkatan dari New EStablished Style and Tempo. Nama ini berhubungan dengan gaya yang mereka pilih saat debut. Grup musik beranggotakan 5 orang ini, ingin menyajikan style dan tempo yang berbeda.

11BtoB

Foto: Net

Bukan, BtoB bukanlah singkatan dari back to business, tapi Born to Beat. Mereka ingin menjadi boyband yang dilahirkan untuk menjadi pemenang, dan mengalahkan grup musik lainnya.

12BEAST

Foto: Net

Sebelum berubah menjadi Highlight, boyband yang dipimpin oleh Yoon Doo Joon ini bernama BEAST atau B2ST, yang merupakan singkatan dari Boys East Standing Tall atau Boys to Search for Top. 

Semua singkatan tersebut memiliki makna, agar grup mereka bisa berkompetisi dan mendominasi dunia musik. Setelah BEAST meninggalkan agensi mereka, Cube Entertainment, grup yang terdiri dari 6 anggota ini mengubah namanya menjadi Highlight. Maknanya? Cahaya yang paling terang, pastinya.

13MBLAQ

Foto: Net

Jika akronim Teen Top dikatakan sebagai yang teraneh, MBLAQ menduduk di posisi keduanya. Mau tahu alasannya? Pastinya karena MBLAQ adalah singkatan dari Music Boys Live in Absolute Quality. Mungkin mereka ingin memaknainya sebagai pemuda yang suka bermusik, dengan kualitas yang tak diragukan lagi.

Sekarang sudah tahu semua kan tentang makna nama-nama mereka? Bagaimana menurut kalian? (*/rez)