8 Tahun Melawan Kanker, Aretha Franklin Akhirnya Meninggal Dunia

0
3149
Foto: Net

At first I was afraid, I was petrified, Kept thinkin’ I could never live without you by my side…,” sepenggal lagu I Will Survive milik Gloria Gaynor tahun 1978, yang dinyanyikan ulang oleh Aretha Franklin di album Aretha Franklin Sings the Great Diva Classics, yang rilis tahun 2014. Sayang tak seperti lagunya, Aretha tidak mampu survive dari kanker pankreas yang dideritanya sejak 8 tahun yang lalu.

Queen of Soul akhirnya menghebuskan nafas terakhirnya pada 16 Agustus 2018, di usianya 76 tahun. Aretha meninggal di rumahnya di Detroit tempatnya mendapat perawatan intensif.

Beberapa bulan terakhir menjadi masa yang berat baginya, karena kesehatannya terus memburuk hingga berat badannya turun hingga 39 kg. Dikutip dari TMZ, sebuah sumber mengatakan sekitar seminggu lebih yang lalu, bahwa Aretha bisa pergi kapan saja.

“Di salah satu momen tergelap dalam hidup kami, kami tidak dapat menemukan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kesedihan dalam hati kami. Kami telah kehilangan ibu dan pimpinan dalam keluarga besar kami,” ungkap salah seorang anggota keluarga.

Baca juga: Sam Smith Dikecam Gara-gara Pengakuannya Tentang Michael Jackson

Karena kondisi kesehatannya, mau tidak mau Aretha harus menolak banyak tawaran untuk tampil secara langsung. Penampilan terakhirnya, adalah saat ulang tahun ke-25 Elton John’s AIDS Foundation pada bulan November tahun lalu.

Lahir di Memphis pada tahun 1942, Aretha dan keluarganya kemudian pindah ke Detroit dimana disana dia mulai bernyanyi di gereja milik ayahnya. Pada awal tahun 60an, Aretha mendapat kontrak dengan perusahaan rekaman Columbia. Karirnya pun mulai melesat saat berada dalam naungan Atlantic Records pada tahun 1967.

Baca juga: Usai Lewati Masa Kritisnya, Demi Lovato Tulis Pesan untuk Penggemarnya

Sepanjang karir menyanyinya, Aretha Franklin telah merilis 41 album dan berhasil membawa pulang sebanyak 18 piala Grammy. Album-albumnya pun telah terjual lebih dari 75 juta keping di seluruh dunia. Dan Aretha merupakan wanita pertama yang masuk dalam Rock ‘n’ Roll Hall of Fame pada tahun 1987.

Selamat jalan Aretha. (*)