Fakta Anggota DPRD Lampung Tengah Tembak Warga hingga Tewas

DIAMANKAN: Salah seorang anggota DPRD Lampung Tengah tak sengaja tembak warga hingga tewas. (Foto: Instagram/humas_poldalampung)
DIAMANKAN: Salah seorang anggota DPRD Lampung Tengah tak sengaja tembak warga hingga tewas. (Foto: Instagram/humas_poldalampung)

Nasib tragis dialami Salam. Warga Dusun 1 Mataram Ilir, Kecamatan Seputih Surabaya, Lampung Tengah ini tewas seketika usai tertembak di bagian kepalanya. Dia menjadi korban peluru nyasar pada Sabtu (6/7/2024) pagi.

Pelakunya tak lain adalah anggota DPRD Lampung Tengah, Muhammad Saleh Mukadam (MSM). Kini anggota dewan itu telah diamankan polisi.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, mengatakan peristiwa tragis itu bermula saat Mukadam hadir untuk melepaskan tembakan pada prosesi pernikahan warga setempat.

| Baca Juga : Profil Cindra Aditi Tejakinkin, Korban Pelecehan Ketua KPU

Kala itu, Mukadam hadir sebagai tokoh warga Lampung Tengah untuk melepaskan tembakan pada tradisi pernikahan tersebut.

Mukadam bermaksud membunyikan letusan senjata api ke udara untuk memeriahkan acara. Namun, nahas, peluru dari pistolnya malah meleset dan mengenai kepala Salam yang saat itu tengah berada di lokasi.

“Senjata api yang ditembakkan itu rupanya peluru mengenai seorang warga yang kala itu tengah duduk di dekat parit di lokasi kejadian. Peluru tersebut langsung mengenai kepalanya,” terangnya, Minggu (7/7/2024).

Peluru mengenai kepala

Berdasarkan hasil autopsi sementara, kata Kapolres, peluru menembus kepala bagian kiri korban (atas telinga kiri) menembus bagian dalam kepala hingga keluar di pelipis kanan korban.

| Baca Juga : Pihak Pegi Setiawan Nilai Ahli dari Polda Jabar Tidak Independen

“Adapun hasil resminya masih menunggu dari Dokter Forensik,” imbuhnya.

Sejumlah 4 senjata api disita polisi

Kini, polisi telah menetapkan Mukadam sebagai tersangka. Dari kasus ini, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 senjata api miliknya.

Adapun senjata api yang diamankan yakni berjenis Zoraki Mod 914-T dan magasinnya, 1 pucuk senpi laras panjang FNC Belgia dan magasin, 1 pucuk senpi HS dan magasin, 1 pucuk senpi Revolver Cobra dan dus magasin, 60 butir amunisi kaliber 5,56 mm, 34 butir amunisi kaliber 9 mm serta beberapa selongsong peluru.

| Baca Juga : Aktor Bollywood Ini Seludupkan Satwa Langka dari Indonesia

“Ada 4 senjata api milik MSM, kemudian senjata api ini 3 di antaranya didapatkan di lokasi berbeda,” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra ini dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 359 KUHP dan pasal Undang-Undang Darurat dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here