Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan untuk Sambut Lebaran

Foto: Dok. Freepik

Menyambut Lebaran bersama keluarga, adalah momen istimewa yang membutuhkan persiapan khusus. Agar nantinya, kegiatan silahturahmi berjalan dengan menyenangkan.

Berikut ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan untuk menyambut hari raya Lebaran.

  1. Memasak makanan

Makanan merupakan bagian paling penting dari perayaan lebaran. Banyak hidangan khas lebaran yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan ini, seperti ketupat, opor ayam, rendang, lontong sayur, dan kue-kue khas lebaran seperti kue nastar, kue kering, dan lain-lain.

Lebaran adalah waktu untuk berbagi rezeki dengan sesama. Maka dari itu, selain untuk dihidangkan kepada anggota keluarga yang berkunjung, banyak masyarakat yang menyediakan makanan untuk dibagikan kepada tetangga, tamu, kerabat, dan juga kepada orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Ada Tips Make Up Tahan Lama Saat Lebaran di Modest Fashion Hype

  1. Bersih-bersih

Karena akan banyak tamu yang akan datang ke rumah, maka rumah pun harus terlihat bersih. Nah, Bersih-bersih juga menjadi persiapan yang wajib dilakukan saat menyambut lebaran.

Mulailah dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Bersihkan setiap sudut rumah, termasuk area yang jarang terjamah sehari-hari.

Setelah itu, kamu bisa melakukan dekorasi ruangan dengan berbagai ornamen yang mencerminkan lebaran. Kamu bisa menambahkan seperti lampu-lampu hias, karangan bunga, bungkus ketupat, dan lain-lain.

  1. Menghias ruang tamu

Ruang tamu biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul, baik bagi sanak saudara, keluarga, kerabat, maupun tamu-tamu yang datang berkunjung. Di sinilah pusat kegiatan selama lebaran terjadi. Maka dari itu, pastikan ruangan ini cukup nyaman untuk menampung tamu.

Siapkan kursi tambahan, karpet tebal, dan bantal-bantal agar tamu merasa lebih nyaman. Suguhkan juga jajanan ringan, air mineral kemasan, pengharum ruangan, dan juga pendingin udara, baik air conditioner maupun kipas angin.

  1. Membuat ruang keluarga terasa nyaman

Selain ruang tamu, ruang keluarga juga menjadi hal penting. Di bagian rumah inilah para anggota keluarga dapat beristirahat setelah melakukan segala aktifitas lebaran.

Saat beristirahat inilah anda dapat berbincang, berbagi cerita, dan juga menghabiskan waktu bersama keluarga terdekat.

Ini adalah tempat di mana hubungan antar anggota keluarga diperkuat, dan ikatan emosional diperbaharui.

Baca Juga: Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Atasi dengan Diet Simple Ini

  1. Menyiapkan game dan hiburan

Agar tidak merasa bosan, maka baik anggota keluarga maupun tamu juga membutuhkan hiburan. Kamu dapat membuat permainan kecil untuk menentukan berapa THR yang didapat masing-masing anggota keluarga seperti video TikTok ini:

@cookpad_id

Biar seru bagiin THR nya, bikin game yuks pas Lebaran nanti. #cookpad #serunyaramadan #berbagithr

♬ Famous piano songs for comedy and cooking programs – moshimo sound design

Selain itu, hiburan lainnya yang bisa dilakukan adalah foto bersama, karaoke, bermain permainan papan seperti ular tangga, menonton film bersama, hingga berbagi cerita dan pengalaman unik yang dialami selama bulan Ramadan.

Dengan melakukan persiapan-persiapan menyambut lebaran ini, kamu akan menciptakan suasana yang nyaman, unik, seru, dan hangat di rumah. Selamat mencoba! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here