J.K. Rowling Dilaporkan ke Polisi Karena Cuitannya Tentang Transgender

Foto: Dok. Bruce Glikas/Gareth Cattermole

Cuitan penulis Harry Potter, Joanne Kathleen Rowling atau akrab dikenal dengan J.K. Rowling, di media sosial X tentang transgender, membuat dirinya dilaporkan ke pihak kepolisian pada Kamis (7/3).

Pelapor, India Willoughby, merupakan penyiar berita transgender pertama di Inggris. Willoughby menganggap J.K. Rowling telah melakukan kejahatan, dengan komentar kebencian terhadap transgender dalam akun media sosialnya tersebut pada Senin (4/3).

“Saya telah menghubungi kepolisian Northumbria kemarin… Saya melaporkan J.K. Rowling atas pernyataannya,” kata Willoughby dalam wawancaranya dengan media Byline Times, seperti diberitakan oleh Reuters.

“Menyebut seorang transgender sebagai laki-laki, walaupun dengan sengaja mengetahui bahwa orang itu perempuan, adalah sebuah tindakan yang sangat menyinggung. Saya secara hukum adalah perempuan. Dia tahu saya perempuan dan dia menyebut saya laki-laki. Itu adalah pelanggaran yang dilindungi oleh UU,” ujarnya.

| Baca Juga: J.K. Rowling Murka Transgender yang Jadi Pembunuh Disebut ‘Wanita’

Atas pelaporan Willoughby, Rowling bersikeras menolak tuduhan tersebut. Menurutnya, transfobia bukanlah suatu tindakan kejahatan. Transfobia adalah serangkaian perlakuan yang menentang kaum transgender.

Diketahui sebelumnya, Rowling sering dikaitkan dengan isu-isu penolakan terhadap transgender.

“Pengacara mengatakan kepada saya, bahwa saya tidak hanya memiliki kasus yang dapat dimenangkan untuk melawan Willoughby karena pencemaran nama baik, namun juga penargetan India terhadap saya yang obsesif selama beberapa tahun terakhir, dapat dikatakan secara hukum sebagai pelecehan,” tulisnya di akun X.

Sementara itu, Kepolisian Northumbia, Inggris, mengonfirmasi telah menerima pelaporan oleh Willoughby atas postingan di media sosial JK Rowling. “Saat ini kami menunggu berbicara lebih lanjut dengan pelapor,” kata sumber dari kepolisian tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here