Gerakkan Industri Kreatif Lokal, Basha Market Gelar Acara Online

Basha Market
Foto: Istagram Basha Market

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat banyak acara harus dibatalkan. Itu pula yang harus dilakukan Basha Market. Platform untuk berbagai industri kreatif lokal di Indonesia itu terpaksa harus membatalkan acara Basha Market offline yang rencananya digelar Maret 2020 lalu. Sebagai gantinya, Basha Market menggelar acara secara online.

Itu dilakukan agar perekonomian Indonesia terus berjalan. Terutama bagi industri kreatif lokal dan UMKM yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

Menggandeng Shopee, acara yang diberi nama Shopee Basha Market Live tersebut digelar pada 30 Juli hingga 2 Agustus mendatang. Sedang tema yang diangkat adalah Distance Physically, Shop Locally.

Co Founder Basha Market Christie Erin Harsono mengatakan, pandemi Covid-19 mau tidak mau membuat masyarakat menerapkan physical distancing. Sehingga Basha Market pun tidak bisa menggelar secara offline.

”Tapi kan acara tetap harus berjalan agar roda ekonomi bisa terus berlangsung. Kami harus terus berbuat sesuatu untuk pelaku industri kreatif. Nah, sebagai upaya untuk beradaptasi dengan keadaan, Basha Market menggelar acara secara online,” ujarnya dalam jumpa media secara virtual, Rabu (29/7).

Ditambahkan Co Founder Basha Market Devina Suguno, meski digelar secara online, mereka tetap mengusung acara-acara yang biasa diselenggarakan secara offline. Seperti talkshow, contest photobooth dan masih banyak lagi yang lainnya.  

Devina saat jumpa media secara virtual. Foto: IST

Erin dan Devina mengaku, banyak challenge yang harus mereka hadapi untuk menggelar acara secara online. Terutama masalah teknologi.

”Untuk itu kami melakukan research terlebih dahulu. Mencari platform yang tepat untuk mengadakan talkshow secara online, mengedukasi para followers untuk memberikan experience, dan masih banyak lagi,” bebernya.

Untuk mendukung digelarnya acara secara online, Basha Market bekerja sama dengan Shopee yang dinilai juga punya tujuan sama. Yaitu menggerakkan perekonomian Indonesia serta membangkitkan UMKM dan industri kreatif lokal.

Acara offline yang digelar Basha Market beberapa waktu lalau.

”Pada dasarnya kami punya visi dan misi yang sama dengan Basha Market. Karena itu, kami sangat senang ketika diajak kerja sama,” ujar Public Relation Lead Shopee Indonesia Aditya Mulyana.

Akan ada lebih dari 120 industri kreatif dan UMKM di Indonesia yang mengikuti acara secara online ini. Mulai bidang fashion, home and living, art and design, food and beverage, dan masih banyak lagi.

Selama empat hari akan ada kanal khusus di website atau aplikasi Shopee untuk mengakses acara tersebut. Melalui Shopee Basha Market Live, diharapkan dapat memberikan opsi kepada industri kreatif lokal agar tetap dapat memasarkan produknya di tengah pandemic Covid-19. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here