3 Masalah Kesehatan Pada Balita. Orang Tua Wajib Tahu!

sakit pada balita

tabloidnyata.com – Bunda pasti khawatir jika anak Anda tiba-tiba sering terserang penyakit. Namun tenang, karena menurut dr. Marissa Tania Stephanie Pudjiadi, SpA, kondisi tersebut normal kok terjadi.

Hal ini karena imunitas balita belum sepenuhnya terbentuk. Bukan hanya itu, lingkungan sekitar anak yang kurang sehat juga bisa mempengaruhi kondisi fisiknya.

Enggak mau kan terus-terusan parno? Maka dari itu, yuk kenali 3 penyakit yang sering dialami balita, agar Bunda tahu bagaimana cara mengatasinya.

| Baca juga: 5 Gaya Parenting Orang Jepang yang Bisa Ditiru untuk Mendidik Anak

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) memiliki gejala demam tinggi (39-40 derajat celcius) disertai batuk dan pilek, yang disebabkan oleh virus. Menurut dokter Marissa Tania, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila disertai dengan kejang, nafas cepat dan berat, serta batuk darah, segera kunjungi dokter anak terdekat.

Gangguan Pencernaan adalah masalah kesehatan yang paling sering dialami anak. Beberapa diantaranya adalah kontipasi dan diare. Penyebabnya macam-macam, bisa karena alergi makanan, obat-obatan atau infeksi virus dan bakteri. Maka penting bagi Bunda untuk memberikan makanan pendamping yang tinggi serat dan perbanyak air putih.

Bintik Merah adalah salah satu dari 3 penyakit pada balita, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, yaitu campak, cacar air, DBD (Demam Berdarah Dengue), atau ruam popok. Bentuk dan lokasi kemunculannya pun berbeda, misal jika ditemukan bintik merah pada pantat bayi bisa jadi itu karena ruam. Nah, jika lokasinya ada di seluruh tubuh dengan nanah yang siap meletus, bisa jadi itu karena cacar, dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here