Pamer Tubuh Gendut, Marshanda Ngaku Sempurna

marshanda gendut foto
Foto: YouTube Marshanda

My body is perfect and I love it (tubuhku sempurna dan aku mencintainya, red)!” Tampaknya kalimat tersebut cocok dijadikan afirmasi untuk mengawali hari. Tak ada yang lebih menyenangkan daripada mengawali hari dengan pikiran positif bukan? Hal inilah yang ingin disampaikan Marshanda lewat kampanye body positivity terbarunya. Marshanda pun merasa percaya diri memamerkan tubuhnya yang lebih berisi alias gendut.

Artis yang akrab disapa Chacha itu melakukan sesi pemotretan untuk kampanye ini. Jika biasanya Chacha akan meminta sang fotografer dan editor untuk memoles fotonya, kini berbeda. Marshanda tak ingin lagi terlihat kurus.

Dengan percaya diri, Chacha memperlihatkan bentuk tubuh yang sebenarnya, tanpa editan. Dalam beberapa foto dan video yang dibagikan di Instagram, Chacha tak malu memamerkan lekuk tubuhnya. Meski berat, sahabat Nia Ramadhani itu mengatakan kalau ini adalah awal dari pemikiran positif yang ingin ia tanamkan pada dirinya dan masyarakat. 

“Ini tantangan berat bagi aku untuk melakukan photoshoot ini, karena ini kayak melawan diri gue banget. Gue tuh masih insecure pas foto mikirin perut gue gimana. Haduh gue bisa nggak sih, bisa nggak sih tapi kurasa ini akan bagus untuk banyak orang. Mudah-mudahan, termasuk buat gue juga,” ujar pemain sinetron Bidadari itu.

body positivity marshanda
Marshanda percaya diri menampilkan foto saat gendut. Foto: Dok. Instagram Marshanda

Baca juga: Nia Ramadhani Tersandung Narkoba, Marshanda Siap Bela

Lebih lanjut Chacha merasa kesulitan saat memilih beberapa foto yang akan diunggahnya. Pasalnya, ia sudah berjanji tak akan memoles sedikitpun hasil foto yang ada. 

Gue udah janji sama diri sendiri ga akan ada sedikitpun yang gue kempesin, kecilin, dan apapun yang mengartikan bahwa gue menganggap aslinya diri sendiri itu “minus” jika sedang gemuk. Beratnya, adalah godaan untuk ngumpetin dan GAK NGEPOST foto2 yang gue merasa gue jelek disitu karena pikiran2 seperti “sumpah tangan gue gede banget” atau “ihh pinggangnya lebar” atau “omg perutnya berlipet!!” tulis Chacha di Instagram.

kampanye body positivity marshanda gendut
Marshanda percaya diri menampilkan foto saat tubuhnya lebih berisi alias gendut. Foto: Dok. Instagram Marshanda

Baca juga: Pakai Bikini, Bagian Tubuh Marshanda Ini Bikin Salfok

Lewat unggahannya, Chacha bercerita kalau obat-obatan untuk gangguan bipolar yang dideritanya memiliki beberapa efek samping, seperti meningkatkan nafsu makan, memperlambat metabolisme dan membuat berat badan naik. Sebab itulah, selama ini perempuan 31 tahun tersebut memilih untuk mengonsumsi obat penahan nafsu makan. 

“Tentunya dibantu olahraga juga, tapi nafsu makan akan tetap tinggi banget di gue dan metabolisme lambat sehingga gue tetep butuh obat penahan nafsu makan itu. Padahal ini dilarang especially bagi seorang yang punya bipolar disorder karena bisa memancing gejala mental illness tersebut dan bahaya untuk kesehatan jantung,” terang Chacha. 

marshanda gendut (2)
Foto: Dok. Instagram Marshanda

Baca juga: Pengakuan Jujur Marshanda Soal Istri Ben Kasyafani Ini Auto Bikin Mewek

Kini Chacha memutuskan untuk berhenti mengonsumsi obat penahan nafsu makan. Tentunya dibarengi dengan pola makan yang lebih sehat dan olahraga teratur. 

Gue akan tampil apa adanya with the healthy body that I have and I LOVE. Dan juga announcing that from now on, gue STOP mengkonsumsi obat penahan nafsu makan. Gue pengen banget berhenti insecure dengan perut berlipet atau kepengaruh komen orang yg bilang “gemukan ya! Kurusin dong, Ca.”,” ujar Marshanda

Gue olahraga, try to eat better, dan minum adaptogen & celery juice setiap hari dan ritual2 kesehatan gue lainnya. Ini bukan berarti aku menyemangati kalian untuk menjadi penderita obesitas dan terus makan junk food serta tidak olahraga. Mari kita mencintai tubuh kita bagaimana pun ukuran dan keadaannya,” imbuhnya. 

Di akhir unggahannya, Marshanda juga mengajak warganet untuk lebih mencintai tubuhnya. Ia juga meminta publik agar mempraktekan pola hidup yang lebih sehat. 

Aku merasa cantik ketika aku peduli dengan kesehatanku, dengan pemikiranku, kata-kataku, jiwaku dan pengaruhku di dunia ini. Juga peduli pada orang lain,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here