Berusia 40 Tahun, Kue Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles Dilelang. Masih Aman Dimakan?

kue pernikahan putri diana dan pangeran charles (2)
Foto: Getty Images

Setelah lebih dari 40 tahun berlalu, akhirnya salah satu dari kalian berkesempatan memiliki kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles. Ya, kue fenomenal yang menandai momen Lady Diana menjadi seorang putri itu akan dilelang pada 11 Agustis mendatang. 

Kue seberat 28 ons itu diperkirakan akan terjual seharga 500 poundsterling atau sekitar Rp 10 juta. Irisan kue itu berasal dari salah satu di antara 27 kue yang disajikan di pesta pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981 silam. 

Kue dengan icing putih dan dihiasi simbol kerajaan berwarna merah, biru, emas dan silver itu awalnya diberikan kepada Moyra Smith, staf yang bekerja di Clarence House. Moyra menyimpan kue tersebut di dalam sebuah kaleng kue bermotif bunga. 

Ia juga memberikan label bertuliskan, “Hati-hati, ini adalah kue pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana.” Moyra juga tak lupa mencantumkan tanggal pernikahan Diana dan Charles di kaleng tersebut. 

kue pernikahan putri diana dan pangeran charles
Kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles dilelang. Foto: New York Post

Baca juga: Kate Middleton Contek Gaya Putri Diana, Yay or Nay?

Moyra menjual kue tersebut ke seorang kolektor pada 2008 lalu. Kini sang kolektor melelang kue itu. Tak hanya kue itu, ada beberapa barang lain dari pesta pernikahan Diana dan Charles yang bakal dilelang. Di antaranya adalah menu sarapan hingga daftar lengkap acara pernikahan. 

Smith sold the cake to a collector in 2008, who is putting it up for auction. The lot also comes with a wedding program, ceremony details and a breakfast menu.

Meski sudah 40 tahun berlalu, kue tersebut tampak tidak rusak. Juru lelang di Dominic Winter Auctioneers, Chris Albury mengungkap kalau kondisi kue itu sama persis seperti saat dijual tahun 2008 lalu. 

“Kondisinya masih bagus dan terlihat sama persis seperti saat dijual,” kata Chris Albury seperti dilansir dari Huffington Post.

Meski masih dalam kondisi baik, Chris memperingatkan agar siapapun yang nantinya memenangkan lelang agar tidak memakan kue berusia lebih dari 40 tahun itu. “Kami menyarankan untuk tidak memakannya,” imbuhnya. 

Baca juga: Bukan Harry dan William, Ternyata Ini Anak yang Digandeng Putri Diana

Lantas bagaimana bisa kue yang berusia puluhan tahun masih dalam kondisi baik? Dilansir dari Country Living, kue pernikahan biasanya dibuat dengan memakai banyak minuman alkohol sehingga bisa awet. 

Tradisi menyimpan kue pernikahan memang sudah ada di Inggris sejak abad 19. Kue pengantin yang biasanya terdiri dari tiga tingkat, bisa dimakan secara bertahap. Tingkat pertama bisa dimakan di acara pernikahan, tingkat ke dua untuk para tamu. Sementara tingkat ke tiga bisa disimpan untuk dikonsumsi waktu merayakan ultah pernikahan, atau pun di acara pembaptisan anak. 

kue-pernikahan-kate-middleton-pengantin-dan-pangeran-william-2011
Kue pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Foto: Louis Whyld/WPA Pool/Getty Images

Tradisi menyimpan kue pernikahan in juga diikuti oleh Pangeran William dan Kate Middleton. Keduanya menyimpan kue tersebut sejak pernikahan mereka tahun 2011 lalu. Mereka menyajikannya di acara pembaptisan ketiga anaknya. 

Yang terbaru keduanya menyajikan kue tersebut pada momen pembaptisan Pangeran Louis pada 2018 lalu. Kue tersebut masih layak konsumsi karena memakai banyak minuman beralkohol dalam proses pembuatannya. Sehingga kue pun tidak ditumbuhi jamur dan bakteri. Namun penyajian kue tersebut menuai pro dan kontra terkait keamanan mengonsumsinya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here