Masyarakat Surabaya Donasi 25 HFNC untuk RSUD Dr. Soetomo

bantuan-covid-surabaya-
Merry Tanhart (kanan) selaku Ketua Perkumpulan Sosial (Persos) menyerahkan HFNC kepada Dirut RSUD Dr. Soetomo (kiri). Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Meningkatnya jumlah penderita Covid-19 di Jawa Timur, khususnya Surabaya ternyata membangun kepedulian masyarakat untuk berpartisipasi. Selain tetap menjaga protokol kesehatan, mereka juga melakukan donasi untuk para penderita ataupun rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Seperti yang dilakukan Tabloid Nyata bersama delapan elemen masyarakat, seperti Persos Hwa Ind, Yayasan Sumber Pengayoman Sejati (SPS) Surabaya, PT Matahari Sakti, Yayasan Generasi Peduli Kabar Baik, PT Meratus Line, Lions Club ‘Shining’ Surabaya, Rotary Club dan Perkumpulan Ibu-Ibu Lockdown.

donasi-covid-19-nyata
Perwakilan donatur bersama staf RSUD Dr. Soetomo dan alat bantu nafas HFNC (tengah). Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Pada Rabu (21/7) lalu, para donatur tersebut menyerahkan bantuan berupa 25 alat bantu nafas HFNC (High Flow Nasal Cannula) untuk RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Seperti diketahui RSUD Dr. Soetomo merupakan rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jawa Timur.

bantuan covid surabaya
Nany Widjaja (CEO Nyata) mewakili Yayasan Surabaya Peduli Bangsa saat penandatangan serah terima bantuan yang diwakili Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo, dr Joni dr Joni Wahyuhadi SpBS. (kiri). Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Baca juga: Demam Usai Vaksin, Haruskan Minum Obat? Ini Jawaban Dokter

Karena itu bantuan HFNC tersebut sungguh sangat bermafaat. ”Alat ini sangat penting. Hari ini juga akan langsung kami pakai. Supaya bisa membantu pasien. Sehingga angka kesembuhan bisa semakin tinggi,” ujar dr Joni Wahyuhadi SpBS.

Direktur Utama RSUD Dr. Soetomo itu juga mengapresiasi para donatur yang telah meluangkan waktu, dana dan tenaganya untuk ikut mengatasi pandemi saat ini. ”Apapun itu peran masyarakat sangat penting. Tetap jaga prokes. Pemerintah juga harus ketat dan masyarakat juga harus sadar,” katanya.

bantuan covid surabaya 1
Penyerahan donasi dari Lions Club Surabaya Shining berupa alat bantu nafas untuk pasien Covid-19. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Sementara itu dari perwakilan donator, Merry Tanhart yang merupakan Ketua Persos Hwa Ind, mengatakan kegiatan sosial seperti ini merupakan panggilan. ”Sudah saatnya kita nggak bertanya, apa yang diberikan pemerintah untuk kita. Tapi sebaliknya, kita yang harus rajin berbagi. Menolong orang lain dan orang-orang di sekitar kita,” katanya.

Pada kesempatan itu, Merry juga menyerahkan tujuh HFNC , yakni empat unit untuk RSUD Dr. Soutomo, dua unit untuk RS Lapangan Indrapura Surabaya dan satu unit untuk RS Bhayangkara Kediri. ”Semoga ini bisa membantu,” katanya.

bantuan covid surabaya 2
Perwakilan PT. Matahari Sakti saat menyerahkan donasi untuk RSUD Dr. Soetomo. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Selain Merry, perwakilan dari Yayasan Generasi Peduli Kabar Baik, Oliver Wibisono juga menyerahkan bantuan berupa penginapan untuk tenaga medis yang sedang isolasi mandiri. ”Supaya mereka tidak menularkan virus pada keluarga dan orang terdekatnya. Kami juga donasi satu HFNC,” ujarnya. *aii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here