Berdahak Darah Kental Setiap Pagi, Judika Alami Gangguan Pita Suara

pita-suara-judika-bermasalah
Foto: Dok. Instagram Judika

Gangguan pada pita suara baru saja dialami penyanyi asal Medan Judika. Setiap bangun tidur di pagi hari, runner up ajang pencarian bakat Indonesia Idol musim ke dua itu mengaku mengeluarkan dahak berupa darah.

“Bayangin, tiap pagi gue bangun, apa sih ini, itu darah kental. Kayak dahak, tapi ada darahnya, lebih banyak darahnya, tiap pagi kalau gue capek nggak istirahat,” ungkap Judika dalam kanal YouTube Daniel Mananta, Senin (20/7).

Mulai resah dengan keadaannya, Judika yang sebelumnya tak mau pergi ke dokter, akhirnya memeriksakan kesehatan pita suaranya. Apalagi ia juga sempat melihat Ari Lasso mengalami hal yang mirip dengannya.

|Baca juga: Judika Kena Semprot Gara-Gara Bikin BCL Nangis Histeris

Judika pun diminta untuk istirahat bernyanyi agar pita suaranya pulih kembali. Suami Duma Riris Silalahi itu berdoa agar diberi kesempatan untuk beristirahat. Rupanya doa pelantun Aku yang Tersakiti itu dijawab oleh Tuhan.

Dunia dihebohkan dengan pandemi Covid-19 yang mengharuskan banyak aktivitas dihentikan. Pun dengan job-job Judika di dunia hiburan. Praktis selama pandemi Judika tidak menerima job. Hal itu digunakan Judika untuk beristirahat.

“Karena gue tahu, waktu ke beberapa dokter, udah dibilang kalau aku nggak stop akan jadi serak,” jelasnya.

|Baca juga: Judika Ingatkan Netizen untuk Tak Mengomentari Foto Jadulnya

Penyakit Judika itu timbul sejak dirinya kurang istirahat lantaran banyaknya job menyanyi di berbagai tempat. Apalagi Judika sering melantunkan lagu dengan genre rock dengan teknik yang salah, sehingga perlahan-laha pita suaranya mulai terganggu.

“Karena seringnya nyanyi dan istirahatnya kurang banget. Apalagi terakhir-terakhir sebelum pandemi ini kayak main di wedding, di cafe, tidur jam dua atau jam empat, terus pindah lagi ke kota lain,” beber Judika.

“Apalagi gue penyanyi rock yang teknik vokalnya banyak memakai teknik yang tidak terlalu benar. Karena bukan kita tidak tahu yang benar, karena kalau terlalu benar itu nggak rock banget. Tapi kalau tidak istirahat cukup dan over use, ya jadi begitu,” tambahnya.

Setelah istirahat selama pandemi, Judika mengaku pita suara yang terluka itu sudah makin membaik. Ia pun sekarang berharap pandemi bisa segera berakhir, agar ia kembali mendapat banyak pekerja. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here