Sebelum Meninggal, Begini Kondisi Terakhir Komedian Omas

Omas meninggal dunia
Foto: Net

Komedian Omaswati telah cukup lama tak menghias layar kaca dengan candaannya yang khas. Kamis (16/7) kemarin, publik tiba-tiba dikejutkan dengan berita duka kepergian Omas tuk selama-lamanya.

Berdasarkan informasi dari pihak keluarga, diduga Omas meninggal dunia lantaran penyakit yang selama ini diderita. Mastur, adik almarhumah mengungkapkan, sebelum memasuki bulan puasa lalu, sang kakak memang telah sakit.

| Baca juga: Sempat Pingsan, Ini Detik-Detik Meninggalnya Komedian Omaswati

Kendati demikian, Omas bukan lah tipe orang yang lemah. Saat itu dirinya masih bisa berkomunikasi, bahkan mampu bercanda seperti biasa.

Sebenernya kronologisnya ya sakitnya udah lama. Sebelum bulan puasa dia udah sakit, tapi masih bisa ngobrol, komunikasi, masih bisa bercanda segala macem,” ungkap Mastur dikutip dari Cumi-Cumi.

Pasca lebaran, kondisi Omas semakin drop hingga tak sadarkan diri. Adik komedian Mandra itu pun langsung dilarikan ke rumah sakit. Padahal menurut Mastur, Omas tak pernah mau dibawa ke rumah sakit.

Nah setelah abis lebaran, nge-drop. Sempet dibawa ke rumah sakit, cuman tiga hari karena dia sudah agak enakan,” ujar adik Mandra dan Omas itu.

Emang sebenernya dia nggak mau dibawa ke rumah sakit. Karena terpaksa buat kebaikan dia juga, jadi saya bawa ke rumah sakit. Tapi itu keadaan bener-bener nggak sadar pas saya bawa. Kalau sadar, dia nggak bakal mau,” lanjutnya.

| Baca juga: Ungkapan Duka Novia Kolopaking atas Meninggalnya ‘Abah’ Adi Kurdi

Tiga hari menjalani perawatan di rumah sakit, kondisi Omas makin membaik. Namun seminggu setelahnya, penyakit Omas kambuh kembali. Perempuan asal Betawi itu mengeluhkan lemas di sekujur badannya.

Usut punya usut, hasil rontgen saat itu menunjukkan bahwa Omas menderita penyakit paru-paru. Selain itu juga ada penyakit gula dan mag, sehingga kemungkinan besar penyebab kematiannya adalah karena komplikasi.

“Tiga hari sembuh, pulang. Seminggu kambuh lagi, tapi cuma pingsan aja. Selama ini yang dia rasain sih lemes-lemes aja yang saya tau. Tapi kalau masalah penyakit sih yang saya tau dari dokter pas di rontgen, (sakit) paru-paru. Tapi untuk selain penyakit itu, ada yang bilang ada gulanya (diabetes), ada yang bilang ada magnya,” imbuh Mastur.

| Baca juga: Selamat Jalan Didi Kempot, The Godfather of Broken Heart!

Ditanya perihal firasat sebelum kepergian sang kakak, Mastur mengaku tak ada tanda-tanda sebelumnya. Terlebih ketika sakit, Omas sudah tak mampu berbicara. Ia hanya bisa memberikan kode lewat gerakan mulut dan kedua tangannya.

“Kalau saya nggak dapet (firasat), nggak ngomong apa-apa. Karena dia (Omas) itu nggak bisa ngomong, yang dirasain itu lemes. Kalau ngomong nggak bisa, cuma gerak aja mulut dan tangan. Bener-bener nggak bisa ngomong total,” aku komedian kelahiran 15 Juni 1969 itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here