Khitankan Bayinya yang Baru 15 Hari, Ini Alasan Zaskia Adya Mecca

Anak Zaskia Adya Mecca
Foto: Dok. Instagram Zaskia Adya Mecca

Keputusan Zaskia Adya Mecca untuk mengkhitankan anak ke limanya yang baru berusia 15 hari, rupanya memancing sejumlah pertanyaan publik. Apalagi sebelumnya Zaskia juga mengkhitankan anak ke empatnya Bhre Kata Bramantyo, saat usianya baru tiga hari.

Banyak yang mempertanyakan dan bingung kenapa aku sunatin anak2 pas bayi.. Bhre pas 3hari, Kama 15 hari…,” tulisnya mengawal potret beberapa slide yang diunggahnya.

| Baca juga: Zaskia Adya Mecca Ungkap ‘Drama Seram’ usai Lahirkan Anak ke-5

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, istri sutradara kondang Hanung Bramantyo itu memiliki sejumlah jawaban. Dikatakan Zaskia, alasan pertama dia mengkhitankan anaknya saat masih bayi adalah untuk mengurangi risiko infeksi saluran kemih (ISK). Pasalnya sangat sulit mendisiplinkan anak-anak agar sadar akan kebersihan organ vitalnya.

Pertama dengan sunat anak sedini mungkin bisa mengurangi resiko ISK, bersihin dudu nya anak laki2 ga sesimpel anak perempuan, kalo belum disunat.. kita harus tarik kulup kebelakang untuk menghindari penumpukan kotoran.. anak2 ku fimosis (browsing ya) jadi krn sempit agak sulit bersihinnya..,” papar perempuan yang dipanggil Bia oleh anak-anaknya ini.

Anak Zaskia Adya Mecca
Foto: Dok. Instagram Zaskia Adya Mecca

Alasan ke dua adalah untuk kenyamanan si anak. Khitan pada bayi hanya membutuhkan waktu sekitar satu setengah hari agar luka mengering. Selain itu, anak tidak akan mengalami rasa trauma.

Kedua sunat bayi recovery akan lebih cepat (1,5hari) luka kering, less trauma dan hanya bius lokal.. makin kecil si anak makin mudah krn gerakan bayi baru lahir mostly terlentang dan tidur aja… kalo udah diatas 6bulan kaki da heboh goyangannya dan hrs bius total (kalo da keburu gede gini mending nunggu anak kooperatif aja usia 5 tahunan) apabila ga da kendala medis,” jelas Zaskia.

Ketiga sblm sunat konsul ke dr anak dan Dokter bedah, cek lab untuk pembekuan darah baby juga yaa..,” sambungnya.

| Baca juga: Zaskia Adya Mecca Melahirkan, Hanung Bocorkan Arti Nama Anaknya

Ibu lima anak itu berharap, informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi warganet. Terlebih aktris berusia 32 tahun itu juga masih memiliki anak lelaki yang belum dikhitan, sehingga ia benar-benar merasakan perbedaannya.

Semoga informasi ini membantu! Aku sih memilih sunat pas bayi krn udah membandingkan kaba (belum sunat sampai skr) dan bhre sunat dari 3 hari lahir.. jauhh lebih mudah perawatannya dan lbh aman dr resiko ISK juga dudu mampet krn kotoran menumpuk diujungnya!!!,” tambah Zaskia.

Dari kolom komentar, terlihat bahwa bahasan ini menjadi topik yang menarik untuk perbincangan kaum ibu, khususnya para ibu muda.

Iya…. soalnya sodr aku jdi tki di arab saudi sn anknya bru lhir 3hri lngsung sunat dn ktnya di arab kebnykn gitu msyarakatnay,” tulis akun @khusnul_un.

Bia anaknya d sunat pake jahitan kyk sunat biasa atau laser ? Ankku kmrn umur 23hr 3hari udh kering aku ksh pake pampers yg size XL .. enakkk bangeeettt sunat pas bayii …,” sahut akun @luluassegaff_. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here